Kilang Pertamina Plaju Palembang salurkan 1,1 juta barel BBM selama Lebaran 2023

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Plaju

Kilang Pertamina Plaju Palembang salurkan 1,1 juta barel BBM selama Lebaran 2023

Aktivitas petugas di Kilang Pertamina Plaju menyalurkan BBM momentum Ramadhan-Lebaran 1444 H/2023 (ANTARA/Yudi Abdullah/HO./23)

Palembang (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit III Plaju (Kilang Pertamina Plaju) Palembang, Sumatera Selatan menyalurkan sekitar 1,1 juta barel bahan bakar minyak (BBM) selama momentum Ramadhan-Idul Fitri 1444 Hijriah/2023 Masehi.

"Sepanjang April 2023, lifting (penyaluran) BBM untuk jenis pertalite, solar/bio solar, avtur dan MFO Low Sulphur (bahan bakar kapal) sebanyak 1,1 juta barel, sementara elpiji (LPG) sebanyak 10 ribu MTon," kata Area Manager Communication, Relations & CSR RU III Plaju - Sub Holding Refining & Petrochemical Pertamina, Siti Rachmi Indahsari di Palembang, Selasa.

Menurut dia, selama momentum Ramadhan dan libur panjang Lebaran tahun ini, pihaknya terus melakukan optimalisasi dalam mengeksekusi pengelolaan minyak mentah sesuai dengan kapasitas kilang yang ada, serta menaikkan kapasitas secondary kilang dan konversi produk semaksimal mungkin dengan mengelola dan memanfaatkan stok yang tersedia.

Satuan Tugas Ramadhan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) berupaya maksimal mengamankan pasokan dan distribusi BBM, terutama menghadapi arus balik Idul Fitri 1444 Hijriah hingga akhir April 2023.

Pengolahan di Crude Distillate Unit (CDU) Kilang Pertamina Plaju mengalami peningkatan kapasitas ke angka 91,3 ribu Miles Barrel per Calendar Day (MBCD) dari sebelumnya di kisaran 85 MBCD.

CDU adalah sebuah unit penting dalam kilang minyak yang berfungsi untuk memisahkan campuran crude (minyak mentah) menjadi komponen yang lebih sederhana berdasarkan titik didihnya.

Sementara kapasitas produksi HVU (Hidrocracker Vacuum Unit) Kilang Plaju sekitar 41,2 MBCD.

Unit HVU berfungsi memecah molekul-molekul besar dalam minyak mentah menjadi molekul-molekul yang lebih kecil dengan bantuan hidrogen dan suhu tinggi.

Dia menjelaskan Kilang Pertamina Plaju atau PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit III Plaju merupakan salah satu unit kilang dari enam kilang yang dioperasikan PT Kilang Pertamina Internasional sebagai bagian dari Sub-Holding Refining & Petrochemicals Pertamina.

Kilang minyak yang beroperasi di Palembang, Sumatera Selatan ini merupakan salah satu unit kilang tertua di Indonesia yang masih beroperasi sejak tahun 1904, berkontribusi memenuhi kebutuhan energi nasional terutama di Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel).

Kelancaran dan keamanan operasional Kilang Pertamina Plaju dalam momentum Ramadhan dan Lebaran 2023 ini tidak lepas dari dukungan penuh para pemangku kepentingan, termasuk unsur pemerintahan serta masyarakat setempat yang terus menjaga kondisi tetap kondusif saat perayaan Lebaran.

"Kami memohon doa dan dukungan dari seluruh masyarakat dan pemangku kepentingan agar kilang senantiasa diberikan keselamatan dan kelancaran operasionalnya, aman, andal dan selalu comply to regulation, demi menyediakan energi terbaik untuk negeri,” ujar Rachmi.

Baca juga: Dukung penyelidikan ledakan kilang, GM Pertamina Dumai dinonaktifkan

Baca juga: SKK Migas pastikan "lifting" minyak di Kilang Dumai aman