Jumlah pemudik melonjak di Pelabuhan Bakauheni, Lampung tembus 51.208 orang

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,mudik

Jumlah pemudik melonjak di Pelabuhan Bakauheni, Lampung tembus 51.208 orang

Suasana sejumlah pemudik saat menunggu kapal sandar di Pelabuhan Bakauheni, Lampung. (ANTARA/Riadi Gunawan)

Lampung Selatan (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Bakauheni, Lampung mencatat jumlah pemudik yang menggunakan jasa penyeberangan Pelabuhan Bakauheni menuju Pelabuhan Merak, Banten, pada hari ini, menembus angka 51.208 orang.

General Manager PT ASDP Cabang Bakauheni Rudi Sunarko, di Bakauheni mengatakan, dari jumlah penumpang tersebut diantaranya 1.710 penumpang pejalan kaki dan penumpang di dalam kendaraan sebanyak 49.498 orang.

"Berdasarkan data untuk jumlah penumpang yang melakukan penyeberangan ke Pelabuhan Merak itu terus mengalami kenaikan," kata Rudi Sunarko, di Bakauheni, Rabu.

Ia menyampaikan data Angkutan Lebaran 2023 di Pelabuhan Bakauheni pada 18 April 2023 pukul 08.00 WIB sampai dengan 19 April 2023 pukul 08.00 WIB. Jumlah penumpang terus mengalami peningkatan.

Dia menambahkan jumlah kendaraan pribadi yang menyeberang sebanyak 6.550 unit, melonjak dibandingkan kemarin yang sebanyak 5.517 unit.

Sedangkan jumlah bus yang menyeberang, lanjutnya, pada hari ini hanya 606 unit atau turun dibandingkan kemarin sebanyak 631 unit. Demikian pula dengan truk yang menyeberang turun dari 1.702 unit kemarin menjadi 1.326 unit hari ini.

Untuk jumlah kendaraan roda dua yang menyeberang hari ini, kata dia, mengalami kenaikan namun tidak terlalu signifikan.

"Jumlah penumpang kapal dengan menggunakan kendaraan roda dua pada hari ini sebanyak 525 unit, jumlah itu mengalami kenaikan dari hari kemarin yang hanya 408 unit," katanya pula.

Rudi Sunarko mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," ujarnya.

Baca juga: Hari ini jumlah pemudik di Bandara Soekarno-Hatta tembus 164.575 orang

Baca juga: Kepala terminal imbau para pemudik jangan terima makanan-minuman dari OTK