ARUS MUDIK - Ditlantas Polda Riau pastikan jalur mudik siap dilalui

id Ditlantas Polda Riau ,Jalur mudik,arus mudik 2023,arus mudik

ARUS MUDIK - Ditlantas Polda Riau pastikan jalur mudik siap dilalui

Gerbang Tol Bangkinang sebagai bagian dari Jalan Tol Trans Sumatera. (ANTARA/HO - HK)

Pekanbaru (ANTARA) - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Riau memastikan jalur mudik sudah siap dilalui masyarakat untuk lebaran Idul Fitri 1444 H.

Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Dwi Nur Setiawan saat dikonfirmasi, Sabtu, memprediksi jalur barat menuju ke arah Sumatera Barat (Sumbar) masih menjadi jalur mudik yang terpadat.

Mengantisipasi hal tersebut, pihaknya telah melakukan sejumlah perencanaan antisipasi kepadatan kendaraan. Khusus untuk tol Pekanbaru - Bangkinang kemungkinan akan dilakukan pengaturan khusus untuk mengurai penumpukan.

"Kita lihat situasi di lapangan. Kalau memang dibutuhkan rekayasa lalu lintas, kalau di tol, contra flow tidak mungkin karena jalur pemotongan tidak ada. Paling nanti di pintu tol akan diatur keluar masuknya," terang Dwi.

Dwi mengimbau masyarakat yang hendak menggunakan tol hendaknya sudah menyiapkan saldo yang cukup.

"Supaya tidak menumpuk nanti di pintu tol. Yang penting juga Bahan Bakar Minyak (BBM) harus cukup," kata perwira jebolan Akpol 2000 ini.

Lanjutnya, bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan atau ingin melaporkan kejadian di jalanan, dapat menghubungi call center 110.

"Selain itu nanti kita juga akan sampaikan nomor call center lainnya. Menggunakan aplikasi Si Talam Manis juga bisa. Kita akan respons lewat Polres terdekat," paparnya.

Terkait mudik, Dwi mengimbau masyarakat dapat menyiapkan diri dan kendaraan bermotor yang akan digunakan.

"Selain itu harus sudah siap rute, siap waktu kapan akan melaksanakan mudik, siap perbekalan dan obat-obatan," ujar Dwi.

Dwi menambahkan, saat masa mudik lebaran akan didirikan 61 pos di berbagai titik. Mulai dari pos pengamanan, pos pelayanan hingga pos terpadu.