Pemprov Riau gandeng Sinar Mas Grup gelar pasar murah

id Sinar Mas.,ramadhan,ramadhan 2023,tradisi ramadhan,bulan ramadhan,bulan puasa,puasa 2023,ibadah ramadhan,ibadah puasa,ke

Pemprov Riau gandeng Sinar Mas Grup gelar pasar murah

Setelah menerima wakaf Al-Qur'an, Gubernur Riau langsung menyerahkan bazar minyak goreng didampingi Direktur IKPP Hasanuddin dan Ketua Paguyuban Keluarga Sinar Mas Riau Wisnu di Gelanggangg Remaja di Jalan Sudirman, Pekanbaru, Minggu (9/4). Antara/HO-Humas Sinar Mas.

Pekanbaru (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Riau menggandeng sejumlah pihak menggelar pasar murah yang menjual berbagai kebutuhan masyarakat dalam menghadapi Idul Fitri 1444 H/Lebaran 2023.

"Bazar ini sebagai bentuk kepedulian untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat yang saat ini melaksanakan ibadah puasa dan akan memasuki Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Kami menyampaikan apresiasi," kata Gubernur Riau Syamsuar di Gelanggang Remaja Provinsi Riau di Kota Pekanbaru, Minggu.

Sejumlah pihak yang berpartisipasi dalam pasar murah itu adalah Sinar Mas, PT IKPP, PT Arara Abadi, Paguyuban Perusahaan Group Sinar Mas.

Selain menyediakan beras, pasar murah juga menyediakan minyak goreng, tisu, mi instan, buku, kertas, dan kue-kue kering yang dijual oleh para pelaku UKM binaan Sinar Mas Group.

Ia mengatakan, pasar murah ini sekaligus merupakan strategi pemerintah dalam mengendalikan inflasi khususnya menjelang lebaran akibat permintaan kebutuhan pokok yang meningkat.

"Kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat dan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan pokok. Sinar Mas kami minta dapat membantu daerah lain selain Pekanbaru menggelar pasar murah dan bazar minyak goreng, sesuai wilayah kerja Sinar Mas, seperti di Siak, di Kampar dan lain-lain," kata Syamsuar.

Disperindagkop Provinsi Riau menyediakan sebanyak 2 ton beras, telur ayam, 1.200 kotak minyak goreng, 300 kg tepung terigu, 500 kg gula pasir.

Dalam kesempatan tang sama Yayasan Muslim Sinar Mas melalui unit usaha APP Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk, PT Arara Abadi-Asia Pulp Paper (APP) Sinar Mas Regional Riau bersama dengan Paguyuban Group Perusahaan Sinar Mas di Riau, mewakafkan 2.000 Alquran yang akan disalurkan kepada masyarakat melalui Pemprov Riau.

Paguyuban Group Perusahaan Sinar Mas dengan anggota di antaranya adalah Sinar Mas Agro/SMART, Eka Hospital Pekanbaru, Bank Sinar Mas, Smartfren dan mitra APP Sinar Mas lain-lain yang berada di Riau.

"Kami senang dapat berbagi kebaikan dan memberi manfaat melalui wakaf Al Quran dan bazar minyak goreng, sebuah komitmen kami untuk berbagi kebaikan kepada semua, sekaligus mendukung pemerintah dalam pemenuhan kebutuhan Al Quran di Tanah Air serta membantu ekonomi masyarakat di bulan Ramadhan atas kebutuhan minyak goreng yang berkualitas dan murah," kata Direktur PT Indah Kiat Hasanuddin The.

Menurut Hasanuddin, pertimbangan mewakafkan mushaf dipilih karena versi cetak tetap menjadi pilihan utama umat Islam. Sejak tahun 2008, APP Sinar Mas telah mendonasikan lebih dari 1,2 juta Al Quran, melampaui target awal program wakaf Al Quran sebanyak 1 juta.

Pendistribusian Al Quran ini telah mencakup berbagai wilayah Indonesia, dari Sabang hingga Merauke, termasuk pulau-pulau terluar, dengan dukungan dari institusi pemerintah, TNI-Polri, LSM, tokoh Muslim nasional, pondok pesantren, serta komunitas jurnalis dan literasi.

Selain Alquran, APP Sinar mas berupaya menjadikan program ini lebih mencakup ke berbagai lapisan umur, di mana lebih dari 200 ribu buku panduan membaca Alquran atau Juz Amma telah didistribusikan, untuk dapat mengenalkan anak–anak bagaimana membaca Al Quran dengan baik dan benar sejak dini.

Wakaf Al Quran juga untuk masyarakat dengan keterbatasan melalui Alquran Braille. Hingga kini APP Sinar Mas telah mendonasikan lebih dari 300 set Al Quran Braille ke berbagai daerah.

"Wakaf Al Quran ini menggunakan kertas premium khusus Sinar Tech atau yang lebih dikenal sebagai Quran Paper (QPP)," katanya.