Kebakaran kapal feri di laut lepas Provinsi Basilian, Filipina tewaskan 10 orang

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, kebakarna kapal

Kebakaran kapal feri di laut lepas Provinsi Basilian, Filipina tewaskan 10 orang

Ilustrasi--Operasi pemadaman api dalam kebakaran kapal di laut. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww/aa.)

Manila (ANTARA) - Sebanyak 10 orang tewas dan 230 lainnya berhasil diselamatkan setelah sebuah kapal feri terbakar di laut lepas Provinsi Basilian, Filipina selatan, pada Rabu (29/3) malam, menurut petugas patroli pantai.

Sembilan orang terluka dalam kebakaran yang bermula dari kabin AC, kata kepala patroli pantai di Mindanao selatan, Komodor Rejard Marfe, kepada stasiun radio DZMM. Feri tersebut memiliki kapasitas hingga 430 orang.

Foto yang dirilis Patroli Pantai memperlihatkan MV Lady Mary Joy 3 sedang disemprotkan air, sementara penumpang yang selamat dievakuasi ke darat.

Patroli Pantai mengatakan akan membantu investigasi dan evaluasi keselamatan, serta bakal memeriksa tanda-tanda tumpahan minyak.

Filipina, yang memiliki 7.600 lebih pulau itu, mempunyai catatan buruk tentang keamanan maritim. Kapal-kapal Filipina sering kali penuh sesak dan banyak kapal usang yang masih digunakan.

Sebelumnya pada Mei 2022, sebuah feri berkecepatan tinggi yang membawa 134 orang di Filipina mengalami kebakaran dan menyebabkan sedikitnya tujuh orang meninggal.

Baca juga: Kapal Layar Motor muatan barang kelontong dari Malaysia terbakar di Batam

Baca juga: Tim SAR perluas area pencarian dua korban kapal terbakar di perairan Lombok

Sumber: Reuters