Marching Band meriahkan Khatam Alquran SD Annur Pekanbaru

id Sd annur, khatam alquran

Marching Band meriahkan Khatam Alquran SD Annur Pekanbaru

Suasana marching band sebelum acara Khatam Alquran di depan Balai Adat Melayu Riau di Pekanbaru. (ANTARA/tangkapan layar)

Pekanbaru (ANTARA) - Marching band memeriahkan acara khatam Alquran angkatan ke-25 SD Annur Kota Pekanbaru yang berlangsung pada Sabtu di Jalan Diponegoro.

Marching band itu dilakukan oleh murid SD Annur di depan Balai Adat Melayu Riau. Sementara murid-murid kelas VI berjalan di belakang mengikuti marching band hingga akhirnya tiba kembali di Balai Adat Melayu Riau.

Katam Alquran di SD Annur merupakan kegiatan tahunan khusus bagi murid kelas VI. Sebelumnya, selama dua tahun terakhir acara ini tidak diselenggarakan akibat pandemi COVID.

Acara kemudian dilanjutkan pembacaan ayat suci Alquran dan sejumlah hadist dari murid kelas III sampai kelas V.

Sementara peserta katam membacakan surat-surat Alquran di juz 30.

Kepala SD Annur Fahrudiani mengatakan walaupun anak-anak sudah katam Alquran tetap terus membaca kitab suci itu.

"Tetap baca walau sudah katam. Jangan kita lupakan dan jangan lalaikan," pintanya.

Selanjutnya, ia berpesan meskipun kita sudah pandai baca Alquran, tetap harus hormati dan patuhi kedua orangtua. "Jangan bicara keras kepada orangtua. Selain itu juga harus hormat kepada guru," katanya.

Sementara Ketua Yayasan Annur Pekanbaru Fajriansyah mengatakan untuk mendidik sebuah generasi hasilnya lama, tidak seperti membangun rumah.

Ia berharap semoga generasi SD Annur menjadi generasi emas di masa datang dengan berpedoman kepada Alquran.

Menanggapi acara Khatam Quran ini, ia berdoa semoga apa yang dilakukan ini diridhai Allah SWT.

"Semoga anak-anak kita senantiasa mendoakan orangtuanya. Terima kasih juga pada panitia. Mungkin seminggu ini tidak tidur. Semoga apa yang dilakukan ini mendapat balasan dari Allah," doanya.