Setelah Kejari, Kalapas Kunjungi PN Bengkalis

id kalapas,Bengkalis,pengadilan negeri,kabupaten,pemkab

Setelah Kejari, Kalapas Kunjungi PN Bengkalis

Kepala Lapas Kelas IIA Bengkalis, Muhammad Lukman didampingi Kasi Binadik, Muhamad Hasan ketika melakukan kunjungan dalam rangka sinergitas ke Pengadilan Negeri Bengkis yang diterima la gsung Ketua PN Bengkalis Batu Soho Rahardjo. (ANTARA/Alfisnardo)

Bengkalis (ANTARA) - Setelah melakukan kunjungan kerja ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Bengkalis beberapa waktu yang lalu, Kepala Lapas kelas IIA bersama jajaran kembali melakukan kunjungan dalam rangka sinergitas sekaligus silaturahmi ke Pengadilan Negeri (PN) Bengkalis Kelas IB yang diterima langsung Ketua PN Batu Soho Rahardjo, Kamis (26/1).

Kepala Lapas Kelas IIA Bengkalis, Muhammad Lukman didampingi Kasi Binadik, Muhamad Hasan dalam pertemuan tersebut membahas kerja sama yang sudah dilaksanakan antara Lapas Bengkalis dengan Pengadilan Negeri Bengkalis serta menjalin sinergitas penegak hukum di wilayah Kabupaten Bengkalis.

"Kami berharap kerja sama dapat terus ditingkatkan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Kalapas..

Selain itu ada beberapa hal yang di bahas yaitu Elektronik Berkas Pidana Terpadu (e-Berpadu) adalah Integrasi Berkas Pidana antar Penegak Hukum untuk Layanan Permohonan Izin Penggeledahan, Izin Penyitaan, Perpanjangan Penahanan, Penangguhan Penahanan, Pelimpahan Berkas Pidana Elektronik, Permohonan Penetapan Diversi, Izin Besuk Tahanan Online oleh Masyarakat tanpa harus datang ke Pengadilan.

"Banyak hal yang kita bahas terkait berkas pidana terpadu dan lainnya menyangkut tahanan," kata Kalapas.

Hal lain yang dibahas terkait Keadilan Restoratif (Restorative Justice), pelaksanaan menuju Sistem Peradilan Pidana Terpadu berbasis Teknologi Informasi (SPPT-TI) di Kabupaten Bengkalis serta pelaksanaan Sidang secara Online. Pelaksanaan Sistem Peradilan Pidana Terpadu berbasis Teknologi Informasi sudah harus dilaksanakan dalam era revolusi industri 4.0.

"Giat Silaturahmi ini diharapkan agar sinergitas yang selama ini terjalin dengan baik serta akan semakin solid dalam membangun upaya penegakan hukum dengan pemikiran pemikiran positif,' harap Kalapas.