Kalapas Bengkalis minta tahanan pendamping aktif dalam pembinaan

id lapas bengkalis,kalapas bengkalis,warga binaan,kabupaten bengkalis

Kalapas Bengkalis minta tahanan pendamping aktif dalam pembinaan

Kalapas Kelas II A Bengkalis Muhamad Lukman memeberikan pengarahan kepada warga binaan pada kegiatan rutin senam pagi di Lapas Bengkalis. (ANTARA/HO-Lapas Bengkalis)

Bengkalis (ANTARA) - Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas II A Bengkalis Muhamad Lukman berharap kepada ketua kamar dan tahanan pendamping (tamping) untuk berperan aktif dalam kegiatan pembinaan terhadap warga binaan sehingga permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan baik.

"Pembinaan tidak hanya dilakukan oleh petugas Lapas saja, tapi kami minta Ketua kamar dan juga tamping ikut berperan dalam menyelesaikan setiap persoalan yang ada setiap blok hunian kepada petugas yang ada," ujar Muhamad Lukman ketika menjadi instruktur senam bersama warga binaan di Lapas Bengkalis, Jumat.

Kalapas juga meminta kepada warga binaan untuk menciptakan situasi yang aman dan kondusif dan tidak terlibat dalam persoalan narkoba, penipuan dan juga ada rencana untuk melarikan diri.

"Jangan coba-coba untuk melarikan diri dari Lapas ini serta terlibat dengan sejumlah persoalan yang akan merugikan anda sendiri dalam menjalani hukuman di Lapas ini, karena sanksi berat akan kami berikan kepada warga binaan yang tidak patuh dengan aturan," kata Kalapas.

Ditambahkannya, dengan kegiatan senam yang dilakukan rutin setiap minggu ini tentu dapat menjaga kesehatan dan dalam menjalani proses hukuman ini hendaknya diisi dengan kegiatan yang positif dan tunjukkan perilaku yang baik kepada petugas.

"Tetap jaga kesehatan dan selalu berpikir positif, agar jiwa dan raga tetap sehat hingga bebas nanti dapat bertemu dengan keluarga tercinta," harap Kalapas.