Pertamina Dumai bersama BPTP Riau tanam sorgum di lahan gambut

id Pertamina, Dumai, sorgum, gambut, BPTP, Riau

Pertamina Dumai bersama BPTP Riau tanam sorgum di lahan gambut

PT KPI RU Dumai dan BPTP Riau melakukan uji coba penanaman Sorgum di lahan gambut yang baru pertama kali dilakukan. (ANTARA/HO-PT KPI RU Dumai)

Dumai (ANTARA) - PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Refinery Unit (RU) Dumai bekerjasama dengan Badan Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Provinsi Riau dalam pelaksanaan Program Tanggungjawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Budidaya Sorgum di lahan gambut.

Kepala BPTP Provinsi Riau Dr. Shannora Yuliasari, STP., MP menyampaikan pihaknya menyambut baik rencana PT KPI RU Dumai untuk melaksanakan program TJSL Budidaya Sorgum melalui pemberdayaan masyarakat. Karena sorgum termasuk dalam rencana strategis nasional Penguatan Ketahanan Pangan".

“Kita berterimakasih kepada PT KPI karena telah menginisiasi budidaya sorgum di kota dumai, artinya PT KPI RU Dumai ikut membantu BPTP dan pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional,” katanya di Dumai, Kamis.

Sorgum merupakan tanaman serbaguna yang dapat digunakan sebagai sumber pangan, pakan ternak dan bahan baku industri. Sebagai bahan pangan, sorgum berada pada urutan ke-5 setelah gandum, jagung, padi, dan kedelai.

"Selain mengandung nutrisi, batang sorgum juga mengandung gula dan bioetanol sehingga dapat dimanfaatkan pula sebagai pakan ternak dan sumber bioetanol," tambahnya.

Area Manager Communication, Relations & CSR PT KPI RU Dumai, Nurhidayanto menyampaikan PT KPI melaksanakan program TJSL untuk uji coba budidaya sorgum di lahan gambut. Itu dengan memberdayakan kelompok tani yang sudah aktif melakukan aktivitas pertanian di lahan gambut.

“Kita sudah ada kelompok petani binaan di lahan gambut. Tahun ini kita uji coba untuk pertanian sorgum. Jika hasilnya baik, akan kita kembangkan terus,” ujar pria yang akrab disapa Yanto tersebut.

Menurut informasi dari perwakilan BPTP Provinsi Riau, lembaga tersebut masih melakukan penanaman di lahan non gambut. Dengan adanya inisiasi program budidaya sorgum di lahan gambut akan memperluas kemungkinan penanaman di wilayah Provinsi Riau karena memiliki lahan gambut yang luas.