Bulog Riau jamin ketersediaan beras aman hingga Natal

id Bulog Riau

Bulog Riau jamin ketersediaan beras aman hingga Natal

Sejumlah orang bekerja di gudang Bulog Riau. ANTARA

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Kanwil Bulog ‎Riau KepriBasirun menjamin ketersediaan beras jenis medium di Provinsi Riau aman hinggaNatal 2022 dan Tahun Baru 2023 dengan jumlah 11 ribu ton lebih.

"Sampai akhir tahun 2022 stok‎ beras masih mencukupi banyak, ada 11 ribu ton lebih untuk Riau Kepri dan stabilitas harga tetap dijaga," katanya di Pekanbaru, Kamis (8/12).

Ia mengatakan untuk menjaga ketersediaan dan stabilitas harga beras di pasaran supaya tetap terkendali maka Bulog Riau juga melakukan ‎kegiatan operasi pasar.

Pada November 2022, katanya, jumlah beras yang disalurkan melalui operasi pasar mencapai 3.300 ton berikutnya pada Desember 2022 diperkirakan mencapai 4.000 ton.

"Jadi sampai akhir tahun nanti ketersediaan beras masih cukup banyak. Dan untuk menjaga ketersediaan beras jenis medium di pasaran, Bulog Riau sudah menjalin kerja sama dengan penjual beras di pasar-pasar melalui program ketersediaan dan stabilitas harga ‎(KPSH). Para pedagang akan menjual ke masyarakat maksimal di harga eceran tertinggi itu," katanya.

Terkait operasi pasar, katanya, tetap bekerja sama dengan penjual dan pengelola di pasar yang digiatkan setiap hari.

"‎Ketika ketersediaan beras habis maka akan ada permintaan lagi. Kalau untuk pasar murah yang digelar pemda terus didukung karena ini bagian dari program pemerintah untuk pengendalian inflasi juga," kataBasirun.

Dalam mendukung ketahanan pangan nasional, tugas utama Bulog menjaga ketahanan pangan pada tiga komoditas utama, yaitu beras, jagung, dan kedelai, sedangkan saat ini Bulog juga memiliki peran dalam menjaga stabilitas dan pendistribusian komoditas lain.


Bulog adalah perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan. Ruang lingkup bisnis perusahaan meliputi usaha logistik/pergudangan, survei dan pemberantasan hama, penyediaan karung plastik, usaha angkutan, perdagangan komoditi pangan dan usaha eceran.

Sebagai perusahaan yang tetap mengemban tugas publik dari pemerintah, Bulog tetap melakukan kegiatan menjaga harga dasar pembelian untuk gabah, stabilisasi harga khususnya harga pokok, menyalurkan beras untuk bantuan sosial dan pengelolaan stok pangan.