Sanggar Mini Inhu Juara Gelora Teater Riau

id sanggar mini, inhu juara, gelora teater riau

Sanggar Mini Inhu Juara Gelora Teater Riau

Rengat, (antarariau.com) - Sanggar Mini Teater Dewan Kesenian Kabupaten Indragiri Hulu (DKI), Provinsi Riau, tampil meraih juara pertama pada Gelora Teater Riau yang dilaksanakan Dewan Kesenian Riau di Anjung Seni Idrus Tintin Pekanbaru.

"Kegiatan yang berlangsung sejak 28 November hingga 2 Desember 2013 mengantarkan sanggar dari Inhu meraih prestasi yang sama untuk kelima kalinya," kata Ketua Harian DKI, Mailiswin didampingi Ketua Komite Teater DKI, Salimi Yusuf, di Rengat.

Ia mengatakan, prestasi ini saangat memberikan motivasi kepada tim sanggar untuk terus berbenah diri agar setiap tampil, tetap keluar sebagai juara terbaik.

Prestasi ini merupakan yang kelima kalinya bagi tim teater DKI, sebab pada 2008, 2009, 2010 dan 2012. Tim teater Kabupaten Inhu juga meraih juara pertama pada ajang Gelora Teater Riau.

Pada 2013 ini Salimi Yusuf dinobatkan sebagai sutradara terbaik dan Muhammad Rizky Putra sebagai pemeran pembantu terbaik dan Alhamdulillah sebutnya.

Selain Sanggar Mini Teater, DKI juga mengutus sanggar RT 029 pada ajang Gelora Teater Riau tahun 2013 ini. Sanggar RT 029 tersebut juga meraih prestasi sebagai juara pertama nonperingkat serta penata artistik terbaik.

"Pada pada ajang Gelora Teater Riau tersebut, pesan yang ingin disampaikan dari cerita ini adalah tentang adat istiadat Melayu, terutama tentang sanksi pasangan yang membatalkan pertunangan," sebutnya.

Sementara Sanggar RT 029 DKI pada ajang Gelora Teater Riau tersebut membawakan lakon Makan yang disutradarai Ade Pura Indra. Cerita Karya Putu Wijaya ini memuat banyak pesan, terutama tentang ibu pertiwi yang sudah dikoyak-koyak dan diperebutkan oleh anak-anaknya sendiri.

Keberhasilan ini membuat masyarakat Indragiri Hulu merasa bangga, karena telah membawa nama baik daerah sekaligus sebagai bukti pelatihan dan pembinaan berhasil dilaksanakan selama ini. Selain itu prestasi tidak terlepas dari dukungan Pemerintah Daerah Indragiri Hulu.

"Kami bangga atas dukungan pemerintah daerah dan masyarakat sehingga semangat berprestasi terus berkobar," ucapnya.

Sondang (40) warga Indragiri Hulu mengatakan merasa bangga atas prestasi tersebut. Sebaiknya tim sanggar atas prestasi itu juga di berikan hadiyah oleh Bupati Indragiri Hulu H Yopi Arianto sebagai bukti memberikan semangat kepada tim sanggar.

"Saya memberikan apresiasi tinggi, semoga DKI tetap jaya dan sukses," sebutnya.