Pekanbaru 2023 siapkan penampung sampah di kelurahan

id sampah pekanbaru,penanganan sampah,pengelolaan sampah

Pekanbaru 2023 siapkan penampung sampah di kelurahan

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota PekanbaruĀ Hendra Apriadi. Antara.

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekanbaru di Provinsi Riau menyiapkan dua bak ( bin kontainer) penampung sampah di setiap kelurahan guna mendukung penanganan sampah di lingkungan permukiman.

"Setelah bak penampung sampah itu dipasang, maka pengawasan agar warga disiplin membuang sampah pada bak tersebut diserahkan kepada tokoh masyarakat, ketua RT, dan ketua RW," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota PekanbaruHendra Apriadidi Pekanbaru, Senin.

Ia menjelaskan, pemerintah kota mengalokasikan anggaran untuk pengadaan bak sampah kelurahan pada 2023 guna memudahkan pengangkutan sampah sekaligus mengatasi masalah penumpukan sampah.

Menurut dia, rata-rata sampah yang masuk ke Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Muara Fajar di Rumbai sekitar 750 ton/hari.

"Lebih kurang 200 ton per hari saja yang masih belum terangkut ke TPA," katanya.

Guna mengangkut sampah warga ke TPA, ia mengatakan, Pemerintah Kota Pekanbaru memiliki 20 truk sampah, empat arm roll truck, enam mobil pikap, satu alat pemuat, dan tiga becak motor.

Penjabat Wali Kota Pekanbaru Muflihuntelah meminta Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan berinovasi untuk memperbaiki penanganan sampah, termasuk menjajaki kemungkinan bekerja sama dengan pihak lain dalam mengangkut sampah dari permukiman, pertokoan, dan pabrik.