Calon anggota Panwaslu Meranti lolos administrasi diumumkan besok

id Bawaslu Kepulauan Meranti ,Pengumuman lolos administrasi panwaslu ,Panwaslu Meranti

Calon anggota Panwaslu Meranti lolos administrasi diumumkan besok

Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal. (ANTARA/Dok)

Selatpanjang (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kepulauan Meranti akan mengumumkan calon anggota panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) kecamatan yang lolos administrasi, pada Rabu (12/10) besok.

Pengumuman tersebut dilakukan pasca selesai dilakukan penelitian kelengkapan berkas administrasi pendaftaran pertama pada 28 hingga 30 September 2022 dan masa perpanjangan pendaftaran 2 sampai 8 Oktober 2022.

Perpanjangan masa pendaftaran sempat dilakukan pihak Bawaslu Kepulauan Meranti, lantaran 8 dari 9 kecamatan ternyata tidak memenuhi jumlah pendaftar perempuan sebanyak 30 persen per tiap kecamatan, sesuai edaran baru yang dikeluarkan Bawaslu RI.

"Hanya Kecamatan Merbau yang memenuhi syarat 30 persen pendaftar perempuan pada pendaftaran pertama yaitu, 11 laki-laki dan 5 perempuan. Sedangkan 8 kecamatan lainnya diperpanjang masa pendaftarannya," ungkap Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti, Syamsurizal kepada Antara, Selasa.

Setelah usai masa perpanjangan, lanjut Syamsurizal, ada empat kecamatan yang tetap tidak memenuhi syarat di atas. Hasilnya hanya ada lima kecamatan yang memenuhi 30 persen pendaftar perempuan menjadi calon anggota Panwaslu.

Kecamatan yang tidak memenuhi syarat itu antara lain yakni, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Rangsang Barat, Pulau Merbau dan Tebingtinggi Barat.

"Perpanjangan dilakukan hanya sekali. Jadi meskipun masih ada yang belum memenuhi syarat saat berkas masa perpanjangan diteliti, tetap dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Jadi besok tanggal 12 Oktober diumumkan yang lolos administrasi," ujar Syamsurizal.

Pengumuman peserta yang lolos administrasi akan diumumkan melalui media sosial Bawaslu Kepulauan Meranti dan dikirimkan ke masing-masing kecamatan. Saat pengumuman itu, masyarakat diperbolehkan untuk memberikan tanggapan dan masukan terhadap nama-nama yang lolos administrasi.

"Tanggapan dan masukan dari masyarakat bisa dikirim melalui link atau email dan kontak Bawaslu Kepulauan Meranti yang nanti kita berikan. Bahkan bisa juga langsung ke kantor Bawaslu. Bagi masyarakat yang memberikan tanggapan terhadap yang lolos, identitasnya (pelapor) kita rahasiakan," beber Syamsurizal.

Setelah pengumuman, tahapan selanjutnya yang akan dilalui calon anggota Panwaslu adalah mengikuti tes tertulis dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Tes tertulis dilakukan selama dua hari, yang dimulai pada 14 sampai 16 Oktober 2022.

Kemudian selesai tes tertulis, ada beberapa tahapan pokok lainnya yang akan dilaksanakan hingga menjelang pelantikan. Tahapan itu antara lain adalah, tes wawancara dan pleno penetapan calon anggota Panwaslu kecamatan.

"Rencananya tes tertulis itu dilaksanakan di SMK Negeri 1 Tebingtinggi. Pokoknya semua tahapan akan dituntaskan. Karena anggota Panwaslu kecamatan yang lolos semua tahapan akan dilantik langsung pada Oktober ini sekitar tanggal 26 sampai 28. Dalam dua bulan di akhir 2022 ini, mereka sudah bekerja di lapangan," sebutnya.

Dapat disampaikan pula, jumlah keseluruhan pendaftar calon anggota Panwaslu kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti sebanyak 182 pendaftar.