KPU Kepulauan Meranti distribusi logistik Pilkada ke daerah terjauh

id pilkada meranti, pilkada kepulauan meranti, distribusi logistik pilkada,bawaslu meranti

KPU Kepulauan Meranti distribusi logistik Pilkada ke daerah terjauh

Proses distribusi logistik PIlkada Kabupaten Kepulauan Meranti. (ANTARA/HO-KPU Meranti)

Selatpanjang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Meranti mendistribusikan logistik Pemilukada Bupati dan Wakil Bupati tahun 2020 ke enam kecamatan terjauh dari pusat kabupaten, Senin (7/12).

Pantauan ANTARA di lapangan, pendistribusian logistik Pemilukada melibatkan seluruh pihak terkait, mulai dari PPK, Bawaslu, dan kepolisian setempat. Sebelumnya KPU menyiapkan logistik sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) tiap kecamatan.

"Mereka (PPK) langsung ikut menjemput ke kantor KPU untuk membawa logistik ke wilayah kerjanya masing-masing," ujar Komisioner KPU Kepulauan Meranti Kordiv Parmas dan SDMHanafi SSos ketika ditemui di ruang kerjanya.

Hanafi mengatakan, logistik diangkut menggunakan mobil pick up. Mengingat Kepulauan Meranti merupakan daerah berpulau, pihaknya menempuh ke kecamatan di luar pusat kabupaten harus menggunakan transportasi kempang (kapal yang terbuat dari bahan kayu untuk menyeberangi pulau).

"Pendistribusiannya dikawal oleh Bawaslu dan personil Polres sehingga logistik dipastikan aman hingga ke kecamatan," katanya.

Pendistribusian dilakukan selama dua hari. Untuk tahap pertama, KPU mengutamakan daerah terjauh terlebih dahulu untuk mempermudah proses pendistribusian hingga ke masing-masing Panitia Pemungutan Suara (PPS) di desa.

Baca juga: Masyarakat dua kecamatan di Meranti deklarasikan tolak politik uang

"Karena diangkut pakai mobil pick up, logistik tersebut sekaligus didistribusikan ke tiap PPS yang ada di kecamatan. Sebab sebelumnya kita sudah survei di lapangan. Medannya aman untuk proses pendistribusian, tidak ada kendala," ungkap Hanafi.

Ada enam kecamatan yang didistribusikan hari ini antara lain yaitu, Kecamatan Tebingtinggi Timur, Rangsang Pesisir, Tasik Putripuyu, Merbau, Pulau Merbau, Rangsang. Nanti. Sementara tahap kedua baru dilakukan untuk tiga kecamatan lainnya termasuk kecamatan di ibukota kabupaten.

"Untuk Kecamatan Tebingtinggi itu besok baru kita distribusikan. Selain itu TebingtinggiBarat, dan Rangsang Barat," tutur Hanafi.

Di samping itu, ia juga mengungkapkan sebelum pendistribusian, surat suara telah dilakukan penyortiran kembali. Hal itu untuk memastikan agar persiapan menuju hari pencoblosan tidak menimbulkan kendala.

"Saat penyortiran ditemukan sebanyak 837 surat suara yang rusak. Namun sudah diganti. Karena penyortiran saat itu langsung disaksikan oleh Bawaslu Riau, sehingga dicetak kembali oleh pabrik yang mencetak surat suara tersebut," ungkapnya.

Baca juga: Masuki masa tenang, tim gabungan tertibkan APK paslon di Meranti