Wamentan RI: Sorgum bisa menjadi alternatif pengganti gandum

id BPTP Riau

Wamentan RI: Sorgum bisa menjadi alternatif pengganti gandum

Wamentan RI H. Harvick Hasnul Qolbi didampingi Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau Dr. Shannora Yuliasari, di sela peresmian Kantor Cabang Sorgum Indonesia Grup (SIG) di Jl. Pemuda-Kompleks Pemuda City Walk, di Pekanbaru, Senin (10/10).

Pekanbaru (ANTARA) - Wakil Menteri Pertanian (Wamentan)Harvick Hasnul Qolbi mengatakan komoditas sorgum bisa menjadi salah satu alternatif pengganti gandum yang selama ini masih diimpor.

"Sorgum juga banyak memiliki manfaat, bukan hanya untuk pangan, tetapi juga untuk pakan dan energi," kata Wamentan Harvick Hasnul Qolbi di sela peresmian Kantor Cabang Sorgum Indonesia Grup (SIG) di Pekanbaru, Riau, Senin.

Ia mengatakan sorgum kini menjadi komoditas strategis nasional yang beberapa tahun terakhir terus dikembangkan secara luas di Tanah Air.

Pemerintah, lanjutnya, terus mendorong seluruh pihak mengembangkan sorgum dari hulu ke hilir agar menjadi sumber pangan alternatif, yang kemudian menjadi industri pangan, pakan ternak, dan energi.

"Riau berpotensi melakukan pengembangan sorgum dari hulu ke hilir," kata Wamentan.

Potensi Riau dalam pengembangan sorgum menjadi daya tarik SIGhingga manajemen perusahaan tersebut mendirikan kantor cabang Jl Pemuda-Kompleks Pemuda City Walk di Pekanbaru dan diresmikan Wamentan.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau Shannora Yuliasarimengatakan pihaknya merupakan perpanjangan tangan dari Badan Litbang Pertanian yang saat ini telah bertransformasi menjadi Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP).

BPTP Riau mendampingi penerapan program-program nasional dan program Kementerian Pertanian (Kementan), salah satunya kegiatan pengembangan sorgum di Riau.

"Beberapa kegiatan yang dilakukan oleh BPTP Riau, antara lain inisiasi perbenihan sorgum, bimbingan teknis budi daya sorgum, serta inisiasi kerja sama dengan SIGdalam mendampingi budi daya sorgum di Riau," katanya.

Kepala BPTP Riau berharap ke depan SIG bisa mewujudkan wacana membangun pabrik sorgum di Riau dan berperan sebagai pengambil alih sorgum di Riau, sehingga petani tidak ragu-ragu untuk mengembangkan sorgum di provinsi itu.

Peresmian kantor Cabang SIG disaksikan juga Presiden Direktur SIG MH Sultan Chaniago, Direktur P2HP Dirjen Hortikultura Kementan, Asisten II Setdako Pekanbaru, dan Asosiasi Sorgum Indonesia Provinsi Riau.