PT Arara Abadi-APP Sinar Mas kembali lakukan program Desa Peduli Api di Kampar

id App,App sinar mas, arara abadi

PT Arara Abadi-APP Sinar Mas kembali lakukan program Desa Peduli Api di Kampar

Kerbau yang dijadikan bantuan. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat yang berada di sekitar areal konsesi perusahaan, sekaligus memberikan pemahaman dan pengetahuan kepada masyarakat untuk melakukan pencegahan dan penanganan Karhutla (Kebakaran Hutan dan Lahan) di Provinsi Riau dengan cara berusaha dengan pemanfaatan dan pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB), namun pendapatan masyarakat tetap bertambah, PT Arara Abadi salah satu unit usaha dari Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas Regional Riau melalui Distrik nya di Tapung Kabupaten Kampar, kembali melaksanakan Program Desa Makmur Peduli Api (DMPA).

Kegiatan itu berupa penyerahan bantuan 8 kerbau yang terdiri dari 7 ekor kerbau betina dan 1 ekor kerbau jantan pada hari Senin (8/9) di Desa Bencah Kelubi, Kecamatan Tapung, Kabupaten Kampar, sekaligus sebagai wujud dan pembuktian kepedulian perusahaan terhadap masyarakat yang berada di sekitar areal operasional perusahaan.

Bantuan ini diserahkan langsung oleh penanggungjawab program DMPA PT Arara Abadi -APP Sinar Mas Regional Riau, Miswanto didampingi staf Kiswanto serta Humas dari Distrik Tapung, Arnelus Zendrato serta Staff Humas PT AA. Alpian.

Bantuan itu diterima Ketua Ketua Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ridho Ikhsan didampingi Plt Kepala Desa Bencah Kelubi Nurmansyah yang juga Sekretaris Camat Tapung.

Miswanto menyampaikan DMPA merupakan suatu program yang digagas PT Arara Abdi sejak 2017 di sekitar areal konsesi perusahaan.

Program ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa di sekitar konsesi perusahaan sekaligus bentuk partisipasi kongkrit perusahaan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa untuk berusaha terutama dalam membuka atau membersihkan lahan, tidak harus melakukan pembakaran yang mengakibatkan Karhutla.

"Ini juga merupakan wujud kepedulian perusahaan terhadap masyarakat di sekitar konsesi perusahaan,” katanya.

Bantuan DMPA ini merupakan periode kedua PT Arara Abadi Distrik Tapung untuk masyarakat Desa Bencah Kelubi dan sekitarnya. Bantuan DMPA periode pertama berupa budidaya ikan nila sebanyak 10.000 ekor, alat tangkap ikan (jaring) sebanyak 4 buah, budidaya ikan patin 5.000 ekor, bercocok tanam semangka seluas 3 hektare bercocok tanam cabe keriting seluas 0,025 hektare, bercocok tanam talas seluas 1 hektare, bercocok tanam cabe rawit seluas 0,025 hektare.

Selama bantuan periode pertama berjalan, Perusahaan PT Arara Abadi selalu melakukan pendampingan baik dari perusahaan maupun dari tenaga ahli yang berguna untuk meningkatkan keterampilan masyarakat yang mendapat bantuan, " demikian Miswanto menyampaikan.

Sementara Plt Kepala Desa Bencah Kelubi, Nurmansyah sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas bantuan dari Arara Abadi ini.

"Kami sangat mengapresiasi yang luar biasa kepada PT Arara Abadi yang memberikan perhatian kepada Desa Bencah Kelubi khususnya, yang kami (masyarakat) yang berada Kawasan konsesinya diberikan bantuan. Ini akan menunjang perekonomian masyarakat Desa Bencah Kelubi, kemudian dengan adanya bantuan ini, akan menimbulkan potensi ekonomi melalui hewani, yang nantinya akan berkembang dan akan menjadi pioner untuk menggerakkan ekonomi masyarakat Desa Bencah Kelubi," katanya.

Ia juga berharap PT Arara Abadi lebih mengawasi dan meninjau dari program ini, agar terjadi perkembangan yang lebih baik dari hewan ternak di Desa Bencah Kelubi ini.

"Ini mungkin suatu pioner yang pertama di Kabupaten Kampar, bahwa salah satu kepedulian perusahaan kepada pengembangan Desa untuk menggerakkan ekonomi melalui BUMDes," tutupnya.