Wakapolresta Pekanbaru tegaskan pihaknya tak minta Rp40 juta ke PSPS Riau

id Polresta Pekanbaru dan PSPS Riau,Psps riau, polresta pekanbaru, 40 juta

Wakapolresta Pekanbaru tegaskan pihaknya tak minta Rp40 juta ke PSPS Riau

Pihak kepolisian Polresta Pekanbaru bersiap di Stadion Utama Riau. (ANTARA/HO-Polresta Pekanbaru)

Pekanbaru (ANTARA) - Wakapolresta Pekanbaru AKBP Hengky Poerwantokembali menegaskan tidak ada tindakan anggotanya yang mengakibatkan batalnya pertandingan persahabatan PSPS Riau vs Kelantan FC.

Henky menilai pembatalan pertandingan tersebut murni kehendak PSPSRiau sendiri secara sepihak oleh Nurizam Tukiman selaku Pemilik PSPS FC sekaligus pemilik Kelantan FC.

"Tidak ada anggota saya yang menyebabkan batalnya pertandingan baik di ruang rapat Bagops maupun di stadion," ucapnya melalui pesan WhatsApp, Rabu.

Menurut Henky kesiapan Polri untuk mengamankan pertandingan sudah jelas dan nyata. 410 personelnya telah hadir sejak pukul 14.30 WIB, satu jam sebelum pertandingan dimulai.

Baca juga: Heboh ada unggahan Polresta Pekanbaru minta uang keamanan Rp40 juta ke PSPS Riau

"Kami sudah memploting personel di berbagai sektor di lingkungan stadion tersebut demi menjamin keamanan dan kenyamanan semua pihak baik pemain, official maupun masyarakat yang menonton," ujar Henky.

Di lain tempat, pihak Panitia Pelaksana (Panpel) pertandingan Bambang Pratama mengaku adanya kelalaian dalam pengurusan izin ke pihak kepolisian.

"Kita akui bahwa dalam laga uji coba ini kita tidak memiliki banyak waktu, sehingga kita jadinya seperti mendesak pihak kepolisian," ucapnya.

Sesuai aturan, pihak Panpel semestinya menyampaikan rencana ini kepada ke pihak kepolisian tujuh hari sebelum pertandingan digelar.

"Hingga akhirnya karena keteledoran kita, beberapa jam sebelum dimulai kami berkoordinasi dengan Polresta. Saat itu pihak Polresta menolak pengamanan dan minta pertandingan dibatalkan karena tidak mau menanggung risikonya," pungkasnya.

Sementara akibat, unggahan akun resmi PSPSRiau yang menyebutkan Polresta Pekanbaru meminta uang pengamanan berbuntut panjang. WakapolrestaPekanbaru disebut telah dimintai keterangan oleh Bidang Profesi dan Pengamanan Polda Riau.

Namun saat dikonfirmasi ke Polda Riau, tidak ada tanggapan soal ini hingga berita ini diturunkan.

Baca juga: Penonton kecewa pertandingan dibatalkan, manajemen PSPS Riau minta maaf