30 tenaga SIAK ikut sosialisasi pendaftaran penduduk

id pemkab,Bengkalis,Disdukcapil,sosialisasi,penduduk

30 tenaga SIAK ikut sosialisasi pendaftaran penduduk

Kepala Disdukcapil Kabupaten Bengkalis H. Ismail diwakili Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Abdul Kadir membuka acara sosialisasi pendaftaran penduduk yang diikuti sebanyak 30 tenaga SIAK. (ANTARA/HO-Diskominfo)

Bengkalis (ANTARA) - Sebanyak 30 orang Tenaga Komputer Operator Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) mengikuti sosialisasi pendaftaran penduduk yang ditaja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkalis, Selasa.

Sosialisasi ini dibuka Kepala Disdukcapil Kabupaten Bengkalis H Ismail diwakili Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, Abdul Kadir, didampingi Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Suiswantoro.

Dikatakan Abdul Kadir, sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman arti pentingnya administrasi kependudukan dan pencatatan sipil, juga memberikan pemahaman terkait Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah dengan Undang Undang Nomor 24 tahun 2013 Tentang Perubahan atas Undang Undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan dan juga untuk mendalami layanan online simpeldukcapil.

"Harapannya dengan meningkatnya pemahaman akan berdampak pada tertib administrasi kependudukan. Adapun yang dimaksud tertib administrasi kependudukan antara lain, tertib database kependudukan, tertib penerbitan NIK, tertib semua dokumen kependudukan seperti KK KTP KIA dan akta pencatatan sipil," ungkap Abdul Kadir.

Selain itu sosialisasi ini sangat penting dalam upaya peningkatan cakupan kepemilikan dokumen kependudukan dengan prinsip penyelenggaraan adminduk yang membahagiakan masyarakat melalui pelayanan yang inovatif, mudah, cepat, akurat tanpa calo dan gratis penduduk di seluruh wilayah Kabupaten Bengkalis.

"Pemerintah Kabupaten Bengkalis dibawah kepemimpinan Bupati Kasmarni melalui Disdukcapil berkomitmen memberikan pelayanan kependudukan yang membahagiakan kepada masyarakat. Kami memberikan kemudahan layanan bagi seluruh penduduk Kabupaten Bengkalis dengan menyiapkan beberapa cara pelayanan yang dapat dimanfaatkan warga dalam mengurus dokumen kependudukan," pungkasnya.

Sosialisasi ini mendatangkan dua narasumber, yakni Dwi Setiawati dari DPMD Dukcapil Provinsi Riau dan Faizal Riza yang merupakan tenaga ahli.