Semua pihak di Inhu harus berinovasi turunkan stunting

id stunting inhu

Semua pihak di Inhu harus berinovasi turunkan stunting

Asisten I Buka Rakor Penurunan Stunting (ANTARA/Asri)

Rengat (ANTARA) - Seluruh instansi terkait dan semua pihak di Kabupaten Indragiri Hulu diminta berinovasi dan optimal dalam penanganan stunting di wilayahnya.

"Salah satu inovasi dengan mengoptimalkan penanaman pohon di lingkungan masing-masing," kata Asisten I Setda Inhu Syahrudindi Rengat, Rabu.

Pohon yang ditanam tentunya bermanfaat sehingga hasilnya dapat berdampak kepada kesehatan, buah yang segar, termasuk pemanfaatan pihak ketiga dalam upaya perbaikan gizi.

Pencegahan stunting merupakan program pemerintah pusat dan menjadi isu nasional. Oleh karena, itu semua Organisasi Perangkat Daerah, Camat dan pihak terkait harus berperan aktif.

"Berperan dalam peningkatan ekonomi masyarakat, perbaikan gizi keluarga, terutama gizi masyarakat di daerah perbatasan dan pedalaman Indragiri Hulu. Selain itu, penting pemahaman buruknya jika stunting itu berkelanjutan dan dapat mengganggu kesehatan keluarga." sebut Syahrudinsesuai perintah Bupati.

Untuk mencapai target penurunan kasusstunting, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu menggelar rapat koordinasibersama dengan mengundang sejumlah narasumber kompeten dalam penanganan stunting. Yakni, narasumber dari Provinsi Riau dan instansi terkait.

Baca juga: Kunjungan ke Puskesmas Sapat, Dinkes Riau target turunkan stunting 14 persen