Bukan Omicron BA.4 dan BA.5, Riau alami peningkatan kasus COVID-19

id Pasien, covid-19, bukan, Omicron, BA.4 dan BA.5, kasus, COVID-19,meningkat di Riau

Bukan Omicron BA.4 dan BA.5, Riau alami  peningkatan kasus COVID-19

Arsip foto. Seorang petugas kesehatan (kiri) mengenakan alat pelindung diri saat menancapkan nisan pada makam jenazah yang dikuburkan dengan protokol kesehatan COVID-19 di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tengku Mahmud Palas, Pekanbaru, Riau, pada hari kedua Idul Fitri 1441 H, Senin (25/5/2020). (ANTARA/FB Anggoro)

Pekanbaru (ANTARA) - Juru bicara (Jubir) Penanganan COVID-19 Provinsi Riau dr Surya Hajar Fitria Dana mengingatkan warga setempat tetap waspada dan disiplin pada protokol kesehatan, karena saat ini kasus terkonfirmasi alami peningkatan.

"Kasus aktif di Riau sampai hari ini sudah 19 orang, dengan rincian 4 orang dirawat di rumah sakit dan 15 orang isolasi mandiri di rumah," kata dr Surya Hajar Fitria Dana di Pekanbaru, Senin.

Surya Hajar memastikan jika peningkatan kasus saat ini bukan disebabkan adanya kasus sub varian Omicron atau Omicron BA.4 dan BA.5.

"Sampai hari ini belum kita temukan kasus sub varian Omicron BA.4 dan BA.5, yang ada di Riau kini COVID-19 biasa," kata dia.

Sejauh ini lanjut dia, kondisi pasien terkonfirmasi rata-rata bergejala ringan sehingga bisa diisolasi di rumah saja. "Adapun yang dirawat di rumah sakit karena ada penyakit bawaan," terangnya.

Surya Hajar menyampaikan, kasus harian di Provinsi Riau pada Ahad terdapat penambahan satu kasus baru. Dengan adanya penambahan itu maka total kasus aktif di Riau menjadi 19 orang.

"Untuk pasien yang dinyatakan sembuh dan meninggal dunia hari ini tidak ada. Sehingga total kumulatif kasus konfirmasi hingga saat ini 150.486 orang," tukasnya.