Jalin kerjasama, Kadin dan Bulog Tembilahan upayakan suplai pangan pokok tercukupi

id kadin inhil, edy indra kesuma, bulog inhil, faizal fahmi, kerjasama pangan pokok kadin dan bulog

Jalin kerjasama, Kadin dan Bulog Tembilahan upayakan suplai pangan pokok tercukupi

Pertemuan wacana kerjasama Kadin Inhil dan bulog Tembilahan, Senin (23/5/2022). (ANTARA/Adriah)

Tembilahan (ANTARA) - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Indragiri Hilir, Riau menjalin kerjasama dengan Bulog Tembilahan sebagai mitra usaha pangan. Wacana sinergitas keduanya berfokus pada pengadaan dan suplai pangan pokok masyarakat Inhil tercukupi.

Ketua Kadin Inhil, Edy Indra Kesuma melalui Wakil Ketua Bidang Pemberdayaan UMKM Zainal Arifin Hussein, Senin menyebutkan dalam kemitraan tersebut, Kadin Inhil berperan sebagai fasilitator antara pihak Petani dan rekan pengusaha yang ingin bermitra dengan Bulog Tembilahan.

Selain itu, Kadin bersama Bulog akan bersinergi memantau penyediaan serta suplai komoditas pangan pokok untuk seluruh daerah di Kabupaten Inhil.

"Hal ini bertujuan agar suplai pangan bisa tercukupi dan sampai ke masyarakat luas dan kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan baik terutama di masa pemulihan ekonomi," tutur Zainal Arifin di Tembilahan.

Dalam pertemuan wacana kerjasama tersebut, Kadin dan Bulog juga membahas persoalan distribusi pangan yang menjadi kendala para pelaku usaha. Menurutnya faktor alam dan kondisi geografis Inhil yang didominasi perairan menjadi kendala distribusi pangan ke daerah-daerah hingga membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Termasuk kendala lainnya yang dihadapi petani beras di lapangan.

"Dalam pertemuan tadi kita juga membicarakan kendala–kendala yang dihadapi para petani sehingga kedepannya kita berharap beras yang dihasilkan petani Lokal atau UMKM dapat diserap oleh Perum Bulog Cabang Tembilahan. Yang jelas dalam waktu dekat ini kami akan melakukan MoU, semoga hal ini bisa membantu masyarakat Inhil," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bulog Tembilahan, Faisal Fahmi menyambut baik niat Kadin Inhil untuk bermitra bersama Bulog Tembilahan. Sinergi Kadin dan Bulog diharapkan jadi pendorong ekonomi Inhil dalam bidang pangan pokok.

"Semoga ke depan silaturahmi ini bisa ditingkatkan menjadi sinergi untuk memajukan perekonomian Kabupaten Inhil terutama dalam bidang pangan pokok. Sehingga ketersediaan dan pengendalian inflasi bahan pokok di Kabupaten Inhil dapat lebih dikendalikan dengan baik," harap Faisal.