Tinjau jembatan Sungai Piring yang memprihatinkan, Pemprov Riau akan bangun jembatan Bailey

id jembatan sungai piring, kondisi jemabtan sungai piring, PUPR Inhil, Kadis PUPR Inhil Umar, balai PU Pemprov Riau

Tinjau jembatan Sungai Piring yang memprihatinkan, Pemprov Riau akan bangun jembatan Bailey

Kondisi kerusakan Jembatang Sungai Piring yang terletak di Kelurahan Sungai Piring, Kecamatan Gaung Anak Serka Kabupaten Indragiri Hilir, Riau. (ANTARA/Adriah)

Lantainya nanti menggunakan papan dan panjangnya lebih kurang sekitar 25 meter,
Tembilahan (ANTARA) - Setelah sempat heboh di media sosial Facebook pasca insiden mobil angkutan tergelincir di jembatan Sungai Piring, Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir, yang kondisinya sudah lama memprihatinkan, Pemerintah Daerah melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Balai Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Riau melakukan peninjauan ke lokasi.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten InhilUmar saat melakukan peninjauan pada Selasa (17/5) kemarin mengatakan bahwa pihaknya bersama Pemprov Riau berencana akan melakukan perbaikan dengan membangun jembatan Bailey (jembatan rangka baja) yang nantinya akan dipasang di atas jembatan yang ada sekarang.

Jembatan Bailey merupakan jembatan darurat yang bersifat sementara. Umar menjelaskan struktur jembatan Bailey adalah rangka baja ringan dengan material lantai menggunakan papan dan panjang jembatan sekitar 25 meter.

Sebagai upaya lebih lanjut, kata Umar, pihaknya juga akan melakukan rapat dengar pendapat bersama Komisi III DPRD Riau dan PU Provinsi Riau guna mencari solusi untuk percepatan perbaikan jembatan Sungai Piring.

"Kita bersama-sama Pemprov Riau akan berusaha semaksimal mungkin untuk memperbaiki jembatan tersebut sehingga dapat memudahkan masyarakat dalam menjalankan aktifitas sehari-hari, dan kita juga menggesa Pemrov Riau untuk membangun jembatan pengganti yang sudah rusak parah itu yang lokasinya berada di belakang atau ruas jalan sebelah," lanjutnya.

Diketahui kondisi jembatan Sungai Piring yang berada di Kelurahan Sungai Piring, Inhil itu saat ini memang sudah sangat memprihatinkan. Tubuh jembatan yang melengkung bahkan patah dinilai membahayakan bagi masyarakat yang melintas.

Umar pun membenarkan bahwa kondisi jembatan tersebut memang dalam kondisi rusak namun masih bisa dilewati dengan batasan wilayah dan jenis kendaraan. Namun dia pun mengimbau kepada pengendara agar berhati-hati saat melintas.