Tuai keluhan, Pemkab Inhil perbaiki jalan Tembilahan

id Perbaikan jalan rusak di tembilahan, tujuh ruas jalan rusak di tembilahan, wabup inhil, syamsuddin uti, dinas PUPR Inhil, Illyanto

Tuai keluhan, Pemkab Inhil perbaiki jalan Tembilahan

Wakil Bupati Inhil, Syamsuddin Uti saat meninjau perbaikan salah satu ruas jalan rusak di dalam kota Tembilahan, Jum’at (28/6). (Dok Pemkab Inhil)

Tembilahan (ANTARA) - Sebanyak tujuh ruas jalan rusak di Kota Tembilahan, Ibu Kota Kabupaten Indragiri Hilir, mulai dilakukan perbaikan tahap awal dengan penimbunan jalan berlubang.

Wakil Bupati Inhil, Syamsuddin Uti saat meninjau perbaikan jalan di Tembilahan, Jumat, mengatakanproses pengerjaan jalan yang sudah berlangsung sejak Kamis (27/6). Penimbunan jalan berlubang terlebih dahulu dilakukan di ruas jalan yang berada di pusat kota Tembilahan yakni Jalan Abdul Manaf hingga Batang Tuaka.

"Hari ini kita ingin melihat langsung bagaimana pengerjaan oleh pihak rekanan," ujar Wabup disela-sela peninjauan.

Wabup mengaku, saat ini kondisi infrastruktur dalam kota memang sangat memprihatinkan, terdapat sekitar tujuh ruas jalan yang tengah dalam kondisi rusak seperti ruas Jalan Sultan Syarif Kasim, Jalan Kartini, Jalan H Said, Jalan Arsyad Ahmad, Jalan Abdul Manaf, Jalan Batang Tuaka dan Jalan H. Sadri.

Dia pun mengaku cukup terganggu dan merasa malu dengan kondisi ruas jalan yang sangat memprihatinkan dan telah lama mengalami kerusakan.

"Banyak masyarakat yang mempertanyakan, kapan perbaikan jalan dilakukan. Kami mengerti dan kami merasa 'terhutanglah' dengan kondisi jalan yang seperti sekarang ini," ungkap Wakil Bupati yang sedang berdiri di depan alat berat saat tengah menimbun ruas jalan Abdul Manaf, Tembilahan.

Dia berharap dengan adanya penimbunan ini, setidaknya dapat sedikit menghilangkan kegelisahan masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Inhil, Iliyanto menerangkan, bahwa untuk perbaikan tersebut, tidak hanya dilakukan di Jalan Abdul Manaf dan Jalan Batang Tuaka, namun juga lima ruas jalan lainnya. lima dari tujuh ruas jalan nantinya akan langsung dibangun dengan rigid beton. Sementara dua lainnya, yakni jalan Arsyad Ahmad dan H Said hanya akan masuk dalam pemeliharaan.

"Nanti lima ruas jalan itu tidak akan jauh beda dengan ruas jalan Telaga Biru. Kalau dua diantaranya itu hanya overlay(penambalan) saja di titik-titik tertentu yang rawan kebanjiran akan ditinggikan dengan aspal dan itu masuk ke dalam pemeliharaan," jelas Illyanto.

Illyanto mengungkapkan, perbaikan tujuh ruas jalan tersebut dibagi ke dalam empat paket proyek pengerjaan. Jumlah dana anggaran yang dipersiapkan untuk perbaikan jalan tersebut adalah senilai Rp20 miliar yang bersumber dari APBN.

"Saya berharap masyarakat dapat ikut mengawasi pembangunan ini. Dan kepada rekanan yang memenangkan tender ini diharapkan untuk profesional melaksanakan pekerjaan ini. Bukan hanya fisik, tapi juga dapat menghasilkan pekerjaan dengan kualitas yang baik," tutur Illyanto.

Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar