Hutama Karya sebut 2,6 juta kendaraan lintasi JTTS saat mudik Lebaran

id hutama karya,kendaraan,jtts,tol trans sumatera,mudik lebaran

Hutama Karya sebut 2,6 juta kendaraan lintasi JTTS saat mudik Lebaran

Suasana arus lalu lintas di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) selama periode mudik Lebaran. ANTARA/HO-Hutama Karya

Jakarta (ANTARA) - PT Hutama Karya (Persero) mencatat total sebanyak 2,69 juta kendaraan melewati seluruh ruas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) yang dikelola BUMN tersebut, baik yang sudah beroperasi penuh maupun fungsional selama perjalanan mudik Lebaran 1443 Hijriah, April lalu. 25 - 9 Mei 2022.

Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan (OPT) Hutama Karya, Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, meski masih banyak wisatawan di Pulau Sumatera yang belum kembali ke daerah asalnya, namun lonjakan arus balik terjadi pada Minggu (7/5).

“Total 227.889 kendaraan melewati seluruh JTTS pada Minggu (7/5) dengan jumlah kendaraan yang berangkat dari Sumatera menuju Jawa sebanyak 73.182 kendaraan melalui Pintu Keluar Bakauheni Selatan dan Bakauheni Utara,” kata Dwi dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu. Jakarta, Selasa.

Angka tersebut merupakan akumulasi dari 7 (tujuh) ruas yang telah dioperasikan yaitu Bakauheni - Terbanggi Besar (Bakter), Terbanggi Besar - Pematang Panggang - Kayu Agung (Terpeka), Palembang - Indralaya (Palindra), Pekanbaru - Dumai (Permai) , Medan - Binjai, Binjai - Langsa Seksi 1 (Binjai - Stabat), Sigli - Banda Aceh (Seksi 2, 3 & 4) dan seksi fungsional yaitu Bengkulu - Taba Penanjung dan Pekanbaru - Bangkinang.

Dwi memaparkan hasil evaluasi Mudik Lebaran periode tahun ini, dimana meski terjadi lonjakan trafik di JTTS, namun tidak terjadi kemacetan yang berarti berkat strategi dan persiapan matang yang diterapkan di lapangan, termasuk penerapan holding system. di rest area dengan mengarahkan kendaraan ke rest area untuk mengurangi penumpukan di gerbang tol ke jalur alternatif.

“Sejak H-2 bulan sebelum mudik, kami sudah menyiapkan berbagai layanan dan simulasi jalur alternatif agar tidak terjadi kemacetan yang bisa mengganggu kenyamanan komuter,” ujarnya.

Selain itu, Hutama Karya juga menyediakan booth untuk pembelian tiket ferry di rest area bekerjasama dengan PT ASDP Ferry Indonesia (Persero), penambahan mobile reader & topup asongan, warning via VMS & speaker di Gerbang Tol & rest area, bertambah fasilitas toilet & SPBU.

Hutama Karya juga bekerja sama dengan kepolisian setempat melakukan vaksinasi gratis di rest area, menyiapkan jalur alternatif jika terjadi antrian hingga

memberikan informasi mudik lengkap dengan penyebaran flyer dan buku panduan digital serta melalui website perusahaan dan HK Toll Apps aplikasi.

“Alhamdulillah, dengan strategi dan antisipasi yang telah disiapkan, semua layanan mudik dan balik di jalan tol yang dikelola Hutama Karya tahun ini berjalan lancar. Kami berterima kasih kepada Polri, Dishub, ASDP, BNPB, Pemprov setempat dan pihak terkait lainnya sehingga proses Mudik Lebaran 1443 Hijriah ini aman dan nyaman bagi seluruh pemudik,” ujar EVP Divisi OPT Hutama Karya Dwi Aryono Bayuaji.