BBPOM di Pekanbaru survei pasar di Selatpanjang guna jamin keamanan pangan

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, BBPOM

BBPOM di Pekanbaru survei pasar di Selatpanjang guna jamin keamanan pangan

BBPOM di Pekanbaru survei pasar di Selatpanjang guna jamin keamanan pangan (ANTARA/HO)

Pekanbaru (ANTARA) - Tim BBPOM di Pekanbaru bersama Tim Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan survei dan intervensi di pasar modern Selatpanjang guna menjamin keamanan dan mutu pangan olahan yang beredar di pasar tersebut serta menggugah komunitas pasar agar dapat berdaya dan mandiri dalam pembinaan dan pengawasan, Rabu 27/4.

Dalam kegiatan tersebut BBPOM di Pekanbaru mengindentifikasi para pedagang dan pasar yang memenuhi standar pasar sehat serta menginventarisasi bahan dan pangan yang diduga mengandung bahan berbahaya.

Selain itu, BBPOM di Pekanbaru melakukan edukasi kepada para pedagang dan pengunjung pasar melalui penyebaran brosur (leaflet) serta pengawasan langsung terhadap 4 bahan berbahaya yaitu formalin, boraks, rhodamin B serta metanil yellow yang dapat disalahgunakan pada pangan.

Di hari yang bersamaan, Tim BBPOM di Pekanbaru bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan serta Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti melakukan pengawasan pangan Ramadhan di Pasar Takjil, Selat Panjang yang menyediakan menu berbuka puasa.

Pengawasan yang dilaksanakan BBPOM Pekanbaru pada pasar takjil tersebut antara lain sampling pangan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya serta pemasangan spanduk dan penyebaran brosur atau selebaran.

Dari 14 sampel pangan yang diuji menggunakan rapid test kit pada pasar takjil tersebut, tidak ditemukan sampel yang terdeteksi mengandung bahan berbahaya.

Selain itu, pada pengujian terhadap 4 bahan berbahaya menggunakan rapid test kit pada pangan di Pasar Sandang Pangan Kab. Kepulauan Meranti dari 10 sampel yang diambil tidak ditemukan pangan yang mengandung bahan berbahaya.