Pencuri spesialis rumah kos di Pekanbaru diringkus polisi

id Pencurian di Pekanbaru

Pencuri spesialis rumah kos di Pekanbaru diringkus polisi

Pencuri spesialis indekos kosong saat expose di Polsek Bukit Raya. (ANTARA/Annisa Firdausi)

Pekanbaru (ANTARA) - DY, pelaku pencurian spesialis rumah koskosong akhirnya ditangkap Satreskrim Polres Bukit Raya, Pekanbaru, Senin (25/4).

Kapolsek Bukit Raya AKP Achda Feri di Pekanbaru, Rabu, mengatakan pihaknya berhasil menangkap pelaku berinisial DY (24) yang merupakan pelaku yang beraksi di lima lokasi berbeda. DY ditangkap di rumahnya di Jalan Kartama, Gang Kuansing,Kelurahan Perhentian Marpoyan, Kecamatan Marpoyan Damai, Kota Pekanbaru.

"DY telah melakukan lima TKP di Kecamatan Bukit Raya dan Kecamatan Lima Puluh. Dari lima TKP tersebut, kami berhasil mengamankan tiga barang bukti sepeda motor," jelasnya.

Achda, dalam melakukan aksinya tersangka menggunakan modus mengintai rumah target yang ditinggal pergi oleh pemiliknya. Dalam melancarkan aksinya, tersangka beraksi sendiri dan sasaran utamanya mencuri sepeda motor korban di indekos yang sedang kosong.

Targetnya kalau kami lihat adalah indekos yang tengah kosong. Ia berpikir kalau rumah indekos orangnya pasti sendiri, sering meninggalkan rumahnya dan mungkin dapat barang yang mudah dijual," sebutnya.

Di lokasi terakhir ini, pelaku berhasil menabrak sepeda motor dengan nomor BM 6885 AN. Sebelumnya, pelaku juga berhasil membawa kabur dua sepeda motor.

“Kejadian terakhir terjadi pada Sabtu (19/3) sekitar pukul 06.00 WIB di sebuah rumah kos di Jalan Kembang Selasih Kelurahan Cinta Raja, Kecamatan Sail , Kota Pekanbaru. Saat itu korban pergi ke Indomaret untuk berbelanja, setelah pulang. rumah dibongkar,” pungkasnya.

Akibat perbuatannya, pelaku disangkakan berdasarkan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan dengan ancaman tujuh tahun penjara.