1.883 sapi yang dibeli Pemrov Riau di Jatim segera dikirim secara bertahap

id Pemrov Riau

1.883 sapi yang dibeli Pemrov Riau di Jatim segera dikirim secara bertahap

Sebanyak 1.883 sapi Madura yang telah dibeli oleh Pemerintah Provinsi Riau di Jawa Timur dijadwalkan secara bertahap segera dikirim ke Provinsi Riau. (Foto:Antara/Ho-Diskominfotik Riau).

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 1.883 sapi Madura yang telah dibeli oleh Pemerintah Provinsi Riau di Jawa Timur dijadwalkan secara bertahap segera dikirim ke Provinsi Riau.

"Secara bertahap sapi yang dibeli oleh Pemrov Riau itu mulai di kirim Selasa (12/4) ke Riau. Tahap pertama dikirim sebanyak 580 ekor sapi," kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH) Provinsi Riau, Herman, kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan itu terkait pemenang tender pengadaan sapi Madura untuk peternak lokal Riau sudah dibeli sebanyak 1.883 ekor. Namun pengiriman yang dijadwalkan Maret 2022 itu sempat tertunda akibat ditahan di Badan Karantina Pertanian, Stasiun Karantina Pertanian Kelas II Bangkalan, Jawa Timur (Jatim).

Ia mengatakan, sebanyak 1.883 ekor sapi yang dibeli Pemrov Riau itu ditahan oleh Badan Karantina Jatim tersebut, karena penyakit kulit benjolan atau Lumpy Skin Disease (LSD) pada sapi sedang mewabah di Riau. Saat penahanan itu tercatat sebanyak 11 ekor sapi mati, namun demikian menjadi tanggungjawab Badan Karantina Jatim untuk menggantinya kembali.

Artinya, katanya lagi, sapi-sapi yang dibeli Pemrov Riau melalui pemenang tender masih utuh atau tetap sebanyak 1.883 ekor itu.

"Alhamdulillah kemarin sudah dikirim sebanyak 580 ekor, secara bertahap. Sapi-sapi itu akan didistribusikan untuk 269 kelompok ternak penerima yang terdiri atas 47 kelompok dari Kabupaten Kuansing, 42 Indragiri Hulu, 29 Indragiri Hilir, 12 Pelalawan, 30 Kampar, 24 Siak, 6 Rokan Hulu, 43 Bengkalis, 35 Rokan Hilir dan 1 kelompok dari Pekanbaru," katanya.

Ketika sapi tersebut sampai di Riau, katanya lagi, pasti dicek kesehatannya terlebih dahulu di Plaza Ternak Pekanbaru. Setelah dipastikan sehat, baru didistribusikan kepada kelompok ternak penerima.

Ia menyebutkan, untuk anggaran pembelian sapi bagi peternak lokal itu bersumber ABPD Riau sebesar Rp20,9 miliar. Dari 1.883 ekor sapi tersebut terdiri atas 269 ekor sapi jantan, dan 1.614 ekor sapi betina.