Warga gembira kabar haji dibuka, Kemenag Dumai tunggu instruksi Pusat

id Haji Dumai,Kemenag Dumai

Warga gembira kabar haji dibuka, Kemenag Dumai tunggu instruksi Pusat

Petugas melakukan tes skrining terhadap seorang jemaah calon haji yang akan mendapatkan suntikan vaksin COVID-19 Sinovac di Dumai, Riau, Selasa (20/4/2021). (ANTARA/Aswaddy Hamid)

Dumai (ANTARA) - Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Dumai Syafwanmasih menunggu instruksi lebih lanjut dari Kemenag RI terkait penyelenggaraan ibadah haji Tahun 2022, termasuk ongkos ibadah tersebut.

Syafwan juga menyebut belum bisa merinci berapa jumlah calon jemaah haji Dumai yang akan berangkat tahun ini.

"Penyelenggaraan haji 2022 ini masih kita tunggu instruksi Kemenag RI, baik terkait kepastian keberangkatan, kuota dan ongkos naik haji," kata Syafwan kepada pers, Jumat.

Dibukanya kembali penyelenggaraan haji yang sempat tertunda selama dua tahun terakhir ini diakui membuat antrean calon jemaah menjadi panjang.

Namun meski begitu, Syafwan mengaku siap melaksanakan keberangkatan calon jemaah haji sesuai dengan amanat dan keputusan Kemenag RI.

"Kementerian Agama Dumai siap melaksanakan keberangkatan calon jemaah haji ini sesuai instruksi dan perintah Kemenag RI," demikian Syafwan.

Warga Dumai sambut bahagia kabar dibuka kembali penyelenggaraan ibadah haji ini karena selama dua tahun mengalami penundaan dampak dari pandemi COVID-19.

Seorang warga Ahmad mengaku gembira mendengar kabar dibuka rencana keberangkatan haji ini dan dirinya akan melakukan berbagai persiapan jelang dimulainya proses haji.

"Kami gembira dengan kabar dibukanya ibadah haji tahun ini, dan secepatnya akan mempersiapkan segala proses dan kesiapan fisik agar mampu menjalankan seluruh rangkaian ibadah haji di masa pandemi dengan baik," harap Ahmad.

Informasi tambahan, Dirjen Haji dan Umrah Kemenag RI Hilman Latief optimis musim haji 2022 bisa terselenggara seiring dengan pelonggaran beberapa kebijakan terkait penanganan pandemi COVID-19 di Saudi.

"Kita jadi lebih optimis dengan haji tahun ini. Tapi tetap harus menunggu pernyataan resmi dari pemerintah Saudi terkait dengan ibadah haji 2022 atau 1443 Masehi," kata Hilman kepada media pada Selasa (8/3).

Pemerintah, lanjutnya, telah melakukan beberapa persiapan dan skenario untuk pelaksanaan haji 2022. Tim teknis penyelenggaraan haji di Jeddah juga terus melakukan komunikasi dengan pemerintah Saudi.