Pasutri Calon Haji Dumai Batal Berangkat Karena Suami Sakit

id haji dumai, kemenag dumai,haji 2019,haji riau,berita riau antara,berita riau terbaru

Pasutri Calon Haji Dumai Batal Berangkat Karena Suami Sakit

Sambut Jamaah Haji, KKP Dumai Siapkan Alat Pendeteksi Suhu Tubuh (Antaranews/Arazak)

Dumai (ANTARA) - Kementerian Agama Kota Dumai, Provinsi Riau, menyebut ada dua calon jemaah haji atau pasangan suami istri batal berangkat ke Tanah Suci Mekkah tahun ini karena mengalami sakit dan harus rutin berobat.

Panitia Haji Kementerian Agama KotaDumai Zakariamenyebutkan, pembatalan berangkat haji ini dialami seorang suami yang berusia 60 tahun, dan istri juga ikut menunda beribadah Rukun Islam ke lima tersebut.

"Satu jemaah pria usia 60 tahun terpaksa batal berangkat karena sakit ginjal dan harus berobat rutin, kemudian istri memilih tidak pergi dan akan berangkat tahun depan," kata Zakaria, Rabu.

Untuk menggantikan pembatalan dua orang berangkat ini, Kemenag Dumai mengisi dengan pendaftar calon haji sesuai urutan nomor porsi, dan Tahun 2019 mendapat kuota 215 orang.

Calon Haji Dumai sebanyak 215 orang ini akan berangkat terpisah, karena 187 orang tergabung dalam Kelompok Terbang 5 Embarkasi Antara Provinsi Riau, dan 28 orang masuk dalam Kloter 20.

"Jadwal berangkat ke Embarkasi Antara di Pekanbaru dimajukan, dari semula tanggal 10 menjadi 8 Juli 2019 untuk kloter 5, dan 28 orang lagi gabung kloter 20 tanggal 23 Juli," sebut nya.

Seluruh calon haji Dumai sebelum berangkat ke Pekanbaru menggunakan 6 unit Bus, akan dilepas secara resmi oleh Pemerintah Kota Dumai, dan melakukan sejumlah persiapan lain, misal penyerahan dan pengembalian koper.

Berbagai tahapan sudah dilakukan, dan sebelum memulai perjalanan ibadah haji ini, Kemenag mengimbau calon jemaah agar menjaga kesehatan dan mematuhi peraturan sudah dibuat.

"Calon jemaah berangkat usai Salat Subuh berjamaah di Masjid Habiburrahman, jadi diharapkan pukul 4 dini hari tanggal 8 Juli 2019 sudah berkumpul," ungkap nya.

Dari Pekanbaru, CJH Kloter 5 akan diterbangkan ke Batam pada 9 Juli 2019 dan hanya transit untuk melanjutkan penerbangan langsung menuju Tanah Suci Makkah. Sedangkan Kloter 20 berangkat 24 Juli 2019 ke Batam.

Sementara, Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo berharap seluruh CJH agar memahami pelaksanaan seluruh rangkaian ibadah haji yang baik dan benar, serta menjaga kesehatan supaya tidak jatuh sakit.

"Semoga menjadi haji mabrur dan bisa meningkatkan kualitas ibadah serta mewujudkan haji mandiri, diharap juga jemaah mendoakan Dumai dapat menjadi lebih baik lagi," kata Eko.

Baca juga: 445 CJH Bengkalis berangkat menggunakan 15 bus ke embarkasi antara

Baca juga: Belasan personel keamanan Embarkasi Haji Antara Riau siap layani CJH