Kelelahan, Satu jemaah haji Dumai harus istirahat di Pekanbaru

id Haji dumai, kemenag dumai

Kelelahan, Satu jemaah haji Dumai harus istirahat di Pekanbaru

Jemaah haji Kota Dumai saat tiba di kampung halaman, Kamis (22/8). (Foto Antaranewa/Abdul Razak/19)

Dumai (ANTARA) - Satu jemaah haji Kota Dumai tergabung kelompok terbang 5 Embarkasi Antara Provinsi Riau terpaksa harus menunda pulang ke Dumai karena kelelahan dan harus beristirahat di asrama haji Pekanbaru, sedangkan 184 jemaah lain nya sudah kembali ke keluarga, Kamis.

Kepala Seksi Haji Kementerian Agama Dumai Zakaria mengatakan, satu jemaah haji itu diharuskan beristirahat oleh tim medis karena mengalami kelelahan usai menjalani rangkaian ibadah di Tanah Suci dan menempuh perjalanan panjang dengan pesawat terbang.

"Alhamdulillah jemaah haji Dumai sudah kembali ke rumah masing-masing dan kita serahkan ke keluarga di Masjid Al Manan Bagan Besar, hanya satu masih tertahan di asrama haji akibat kelelahan dan harus istirahat," kata Zakaria.

Jemaah haji Kloter 5 Embarkasi Antara Riau mulai diterbangkan pulang dari Arab Saudi ke tanah air pada Rabu (21/8) waktu Indonesia, langsung dibawa ke Bandara Hang Nadim Batam Provinsi Kepulauan Riau, transit sebentar kemudian dibawa ke Pekanbaru dan mendarat di Bandara Sultan Syarif Qasim pukul 03.00 Wib, Kamis dini hari tadi

Setiba di Bandara SSQ Pekanbaru, seluruh jemaah haji dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis haji Embarkasi Antara, dan tidak ada ditemukan sakit serius, hanya kelelahan setelah menempuh perjalanan panjang.

"Secara umum tidak ada ditemukan jemaah yang sakit, hanya kelelahan habis perjalanan pulang, dan di Embarkasi Antara Pekanbaru disambut Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo," sebutnya.

Untuk keberangkatan dari Pekanbaru menuju Dumai, seluruh jemaah haji dihantar dengan enam unit bus yang sudah disiapkan, dan baru diserahkan ke keluarga di Masjid Al Manan Dumai di Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Bagan Besar Kecamatan Bukit Kapur.

Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo berharap usai menjalani ibadah haji di Mekkah dan Madinah, jemaah dapat menjadi haji yang mabrur, dan tauladan baik di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar.

"Selamat datang kembali ke tanah air, semoga mendapat gelar haji mabrur," kata Eko.

Pemkot Dumai menyampaikan rasa terimakasih pada panitia penyelenggara ibadah haji dan pihak lain terlibat, sehingga seluruh rangkaian penyelenggaraan dan perjalanan haji dapat berjalan dengan lancar dan baik.

Baca juga: 448 orang haji Kloter 4 asal Riau pulang ke Tanah Air utuh

Baca juga: Jamaah haji Riau menunggu tiga jam di Batam


Pewarta :
Editor: Riski Maruto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar