445 CJH Bengkalis berangkat menggunakan 15 bus ke embarkasi antara

id haji bengkalis,haji 2019,embarkasi antara pekanbaru,berita riau antara,berita riau terbaru

445 CJH Bengkalis berangkat menggunakan 15 bus ke embarkasi antara

Arsip foto. Calon jemaah haji. (Antaranews)

Bengkalis (ANTARA) - Sebanyak 445 Calon Jemaah Haji (CJH) dari Kelompok Terbang (Kloter) 10 asal Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, akan diberangkatkan ke embarkasi haji antara di Pekanbaru menggunakan 15 unit armada bus pada 13 Juli 2019.

Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakamenag) Bengkalis Jumari mengatakan, sejak penetapan embarkasi antara di Pekanbaru, CJH terlebih dahulu menuju ke Pekanbaru selanjutnya menuju Bandara Hang Nadim Batam untuk diterbangkan ke Tanah Suci.

"Keberangkatan 445 CJH kloter 10 berbeda dari tahun sebelumnya, 15 bus akan membawa CJH dari Bengkalis menuju emabrkasi antara di Pekanbaru, tahun sebelumnya CJH langsung menuju embarkasi Batam menggunkan kapal laut dan menginap satu malam di Batam langsung diterbangkan ke Tanah Suci," ujar Jumari, Selasa.

Dijelaskannya, 445 CJH yang tergabung dalam kloter 10 berasal dari Kecamatan Bengkalis sebanyak 111 orang, Bantan 92 orang, Bukit Batu 23 orang, Siak Kecil 15 orang, Rupat sebanyak 7 orang, Mandau sebanyak 186 orang dan Pinggir sebanyak 11 orang.

Asal keberangkatan, CJH asal Kecamatan Bengkalis dan Bantan terlebih dahulu berkumpul di Masjid Agung Istiqomah. Sedangkan dari kecamatan Bantan akan berkumpul di Masjid Besar Raudah, Selatbaru.

"Untuk CJH Kecamatan Bukit Batu, Siak Kecil, Bandar Laksamana dan Rupat, akan berkumpul di Masjid Besar Al Amin Sungai Pakning. JCH dari Kecamatan Mandau, Pinggir, Talang Muandau, Bathin Solapan akan berkumpul di Masjid Besar Arafah Duri, Kecamatan Mandau. Para JCH ini, terlebih akan mengerjakan shalat subuh berjamaah, selanjutnya akan dilepas secara resmi di lokasi masing-masing," ungkap Jumari

Selain kloter 10, 20 CJH asal Kabupaten Bengkalis masuk kloter 20 yang bakal diberangkatkan pada 23 Juli mendatang. Terdiri dari Kecamatan Bengkalis, Bantan, Bukit Batu, Siak Kecil, Rupat, Mandau dan Pinggir.

"Keberangkatan JCH dari Pekanbaru melalui Bandara Sultan Syarif Qasim sekitar pada pukul 02.00 malam menuju ke Bandara Internasional Hang Nadim Batam dan transit menggunakan pesawat Saudi Arabia," kata Jumari.

Baca juga: 276 jamaah calon haji asal Siak dilepas ke Embarkasi Antara Riau

Baca juga: Belasan personel keamanan Embarkasi Haji Antara Riau siap layani CJH