SKK II Pekanbaru raih penghargaan bandara paling higenis COVID-19 di Asia Pasifik

id SKK II, Pekanbaru, bandara, COVID-19, Asia, Pasifik,bandara higienis

SKK II Pekanbaru raih penghargaan bandara paling higenis COVID-19 di Asia Pasifik

Petugas Bandara SSK II Pekanbaru sedang membersihkan fasilitas di bandara. (ANTARA/HO-AP2)

Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak enam Bandara yang dikelola Angkasa Pura dua (AP II) salah satunya Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru meraih penghargaan bandara paling higienis virus COVID-19 di Asia Pasifik.

Penghargaan Best Hygienes Measures by Region (Asia-Pacific) 2021 hanya diberikan kepada 10 bandara di Asia Pasifik, yang berhasil menjaga kehigenisan lingkungan dari virus COVID-19. Kebanggaannya enam diantaranya ada di Indonesia dan di bawah pengelolaan AP II.

Airport Council Internasional (ACI) pada 10 Maret 2022, mengumumkan nama-nama bandara paling higienis di dunia yang berhasil meraih penghargaan Best Hygiene Measures by Region 2021.

"AP II sangat bersyukur bahwa enam bandara kami mendapatkan penghargaan Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific) dari ACI yang merupakan lembaga global yang menaungi bandara-bandara di dunia. Ini sejalan dengan komitmen AP II dalam mewujudkan bandara yang aman dan nyaman bagi penumpang pesawat di tengah pandemi," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin melalui pernyataannya kepada ANTARA di Pekanbaru, Kamis.

Dikatakan dia, dari 10 bandara yang meraih penghargaan ini enam di antaranya dikelola PT Angkasa Pura II sementara tiga lainnya ada di China dan satu bandara di India.

Enam bandara AP II yang meraih penghargaan Best Hygiene Measures by Region (Asia-Pacific) 2021 itu adalah Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Sultan Thaha (Jambi), Bandara Sultan Syarif Kasim II (Pekanbaru), Bandara Supadio (Pontianak), Bandara Depati Amir (Pangkalpinang), Bandara Kualanamu (Deli Serdang).

Ia mengatakan penghargaan dari ACI ini berhasil diraih berkat dukungan dari masyarakat dan para staf bandara yang bekerja dengan baik meski bertugas di tengah pandemi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh traveler yang telah mendukung dan bersama-sama dapat menjalani protokol kesehatan di tengah pandemi, serta seluruh staf bandara AP II dan stakeholder yang mampu bertugas dengan baik dalam memberikan pelayanan meski berada di tengah pandemi," ujar Muhammad Awaluddin.

Penghargaan Best Hygiene Measures by Region 2021 sendiri merupakan bagian dari Airport Service Quality (ASQ) Awards yang digelar ACI, melibatkan 400 bandara di 95 negara.

Penghargaan tersebut diberikan ACI kepada setiap bandara yang memiliki prosedur dan layanan baru di tengah pandemi COVID-19 sesuai keinginan traveler guna memenuhi kebutuhan mereka, dan untuk memastikan lingkungan bandara tetap bersih dan aman di tengah pandemi.

"Berbagai inovasi untuk memperkuat protokol kesehatan dan menjadikan bandara tetap higienis ini dilahirkan dan diterapkan pertama kali di Bandara Soekarno-Hatta yang merupakan bandara terbesar dan tersibuk di Indonesia. Kemudian, inovasi tersebut kami terapkan di bandara AP II lainnya, yang tentunya juga disesuaikan dengan kondisi setempat," ungkap Muhammad Awaluddin.