Menteri PPN tegaskan pembangunan Istana Negara di IKN baru bukan di titik nol

id Berita hari ini, berita riau terbau,berita riau antara ,IKN

Menteri PPN tegaskan pembangunan Istana Negara di IKN baru bukan di titik nol

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa (ANTARA/HO-Bappenas)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa menegaskan pembangunan Istana Negara di Ibu Kota Negara (IKN) baru Nusantara bukan berada di titik nol.

"Titik nol itu bukan berarti di situ kita akan mulai. Istana memang bukan di titik nol, dia agak ke atas,” kata Suharso monoarfa dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi XI DPR RI di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Gubernur DKI Anies Baswedan sebut banyak ruang bisa dimanfaatkan setelah IKN pindah

Suharso menyatakan titik nol IKN Nusantara adalah sebagai titik referensi untuk menghitung tingkat ketinggian bangunan di atas permukaan air laut.

Nantinya, Istana Negara di IKN Nusantara akan dibangun di daerah yang sedikit lebih tinggi dengan sayap sebelah kanan dibangun gedung DPR dan MPR serta bagian yudikatif di sayap sebelah kiri.

"Jadi saya kira bagus sekali kalau itu memang bisa terwujud,” ujarnya.

Ia mengatakan bahwa pembangunan IKN akan dilakukan secara bertahap sampai 2045 namun pihaknya telah memastikan ketersediaan air yang merupakan aspek paling penting serta mulai membangun Bendungan Sepaku Semoi dan jalan untuk logistik.

Menurutnya, jika jalan tol dari Balikpapan ke IKN selesai maka bandara ke IKN akan sama waktu tempuhnya seperti dari Cengkareng, Jakarta Barat ke Semanggi, Jakarta Selatan.

"Kemudian dari Samarinda ke IKN juga akan lebih cepat sekitar 1 jam lebih sedikit,” ujarnya.

Baca juga: IKN pindah, kelak DKI Jakarta jadi mantan terindah

Baca juga: Kementerian PUPR berencana bangun tol bawah air di IKN, Kalimantan Timur