Dumai rencana ganti seluruh penerangan jalan umum dengan 5.314 lampu pintar

id Walikota Dumai,Lampu jalan Dumai,lampu dumai

Dumai rencana ganti seluruh penerangan jalan umum dengan 5.314 lampu pintar

Rapat kesiapan rencana pembangunan penerangan jalan umum Kota Dumai. (ANTARA/dok)

Dumai (ANTARA) - Penerangan jalan umum di Kota Dumai seluruhnya akan diganti oleh pemerintah daerah setempat dengan total sebanyak 5.314 lampu pintar, dalam rangka mewujudkan visi misi Dumai Khidmat Penerangan.

Wali Kota Dumai Paisal mengatakan rencana pemasangan lampu jalan ini tersebar di tujuh Kecamatan dengan rincian pengganti lampu PJU LED 90 watt sebanyak 2.814 unit, pengganti lampu LED 60 watt 2.395 unit dan pemasangan lampu baru 60 watt sebanyak 105 unit.

"Proyek peningkatan infrastruktur ketersediaan lampu penerangan jalan umum ini menggunakan sistem kerjasama pemerintah badan usaha atau KPBU yaitu PT Azet Surya Lestari sebagai pemrakarsa dan pelaksana," kata Paisal kepada pers, Kamis.

Guna mematangkan rencana peningkatan infrastruktur PJU ini, Pemkot Dumai sudah berkoordinasi dengan Kementerian Dalam Negeri dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional RI, Kementerian Investasi dan Kementerian Keuangan sebagai pengawas dan pemberi saran serta regulasi dalam pelaksanaan.

Disampaikan Paisal, dukungan pihak ketiga yaitu perusahaan swasta untuk mewujudkan lampu penerangan yang profesional sehingga dari segi pengawasan dan investasi tidak terlalu memberatkan anggaran daerah.

Peningkatan PJU ini membutuhkan proses dan tahapan yang melibatkan sejumlah kementerian agar dapat berjalan dengan baik dan lancar. Pemkot Dumai menilai akan banyak keuntungan diperoleh daerah dengan sistem KPBU ini.

Diantaranya, selain tidak direpotkan dengan pengawasan, juga dari sisi investasi tidak lagi mendanai pengadaan jaringan hingga lampu jalan karena keseluruhan ditangani perusahaan ditunjuk.

"Jika anggaran sendiri tentu butuh waktu lama, itu sebabnya kita perlu kerjasama pihak ketiga. Pemko Dumai melalui program Khidmad Penerangan komit melaksanakan penerangan jalan secara profesional dan tersedia di semua kecamatan," sebut walikota.

Selanjutnya, Pemkot Dumai segera menyiapkan studi kelayakan dan peta lokasi titik pemasangan lampu PJU yang diganti, diperbaiki serta dipasangi baru, kemudian dibawa konsultasi ke Pemprov Riau dan kementerian terkait.

Sementara, penentuan badan usaha yang bekerjasama dalam sistem KPBU ini juga sudah melalui beberapa tahapan dengan melibatkan pemrakarsa dan penentuan pelaksana.

"Prinsipnya kita di Pemerintah Kota Dumai inginkan penerangan jalan umum yang profesional dan dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat guna mewujudkan Dumai menjadi Smart City yang diharapkan selama ini," demikian Paisal.