Sambut pelayaran perdana KMP Roro Tirus, Walkot Dumai akui sudah lama menanti

id Roro Dumai,Pelabuhan Dumai,Walikota Dumai

Sambut pelayaran perdana KMP Roro Tirus, Walkot Dumai akui sudah lama menanti

Penyambutan pelayaran perdana KMP Tirus di Pelabuhan BSJ Dumai oleh Walikota Dumai Paisal, Kamis. (ANTARA/HO-)

Dumai (ANTARA) - Wali Kota Dumai Paisal sambut kedatangan pelayaran perdana Kapal Motor Penyeberangan (KMP) Tirus Meranti/Kapal Roro lintasan Alai Insit Selat Panjang Kabupaten Kepulauan Meranti-Dumai di Pelabuhan Bandar Sri Junjungan Dumai, Kamis.

KMP Tirus Meranti diawaki Capt Pamadi Nur Budi Utama ini disambut Wali Kota Paisal dengan hangat dan menyampaikan apresiasi kepada Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI atas dibukanya pelayanan Roro Meranti Dumai.

"Pelayanan Roro Dumai Meranti ini sangat dinantikan karena selain mempermudah akses penyeberangan, juga diharapkan dapat mendorong peningkatan ekonomi masyarakat dua daerah," kata Paisal.

Dijelaskan, pelayaran KMP Tirus Meranti ini diharapkan juga bisa meningkatkan sektor kepariwisataan, industri dan pengembangan usaha mikro kecil menengah masyarakat di wilayah Dumai Meranti.

Walikota Paisal juga mengucapkan rasa syukur dan terimakasih dengan pembukaan pelayaran Roro Dumai Meranti ini kepada PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam sebagai operator operasional.

"Banyak manfaat akan kita peroleh dari kegiatan pelayaran Roro Dumai Meranti ini, dan saya mengajak masyarakat untuk menjaga aset negara ini dengan baik," harap Paisal.

Prosesi penyambutan pelayaran perdana KMP Tirus Meranti dengan pengalungan bunga dan pelemparan beras kuning serta tabuhan kompang ini dihadiri juga Kepala BPTD Wil IV Riau-Kepri, Kadis Perhubungan Dumai, Kepala KSOP, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan, Kepala Satpolair Polres Dumai, Camat Dumai Barat, Supervisi PT ADSP Indonesia Ferry (Persero) Cabang Batam, dan Supervisi PT Jembatan Nusantara Cabang Muda Dumai.

Info tambahan, KMP Tirus sebelum memulai pelayaran perdana dengan rute lintasan Alai Insit (Pulau Tebing Tinggi)-Pecah Buyung (Pulau Rangsang) dan Alai Insit-Dumai telah dilakukan uji kelayakan, bongkar muat dan mendapat izin berlayar serta penetapan tarif dari Kabupaten Kepulauan Meranti dan Provinsi Riau.

Kapal penyeberangan dengan bobot 300 GT bermuatan penumpang 180 orang, kendaraan 21 unit sedan (MPV), 12 truk sedang, ataupun 7 unit truk besar ini dibuat oleh PT Multi Ocean Shipyard pada Tahun 2020 dan selesai di Tahun 2021 dan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) ditunjuk sebagai operator operasional.

KMP Tirus Meranti memiliki spesifikasi ukuran utama panjang LOA (length over all) 39,38 meter, lebar modul 11 meter, tinggi modul 3,30 meter, sarat air 2,35 meter berkecepatan percobaan 10,00 knot, daya mesin induk 2 x 441 Kw serta daya mesin bantu 2 x 80 kVa.

Sedangkan untuk tarif, penumpang dewasa Rp62.000, bayi Rp6.400, kendaraan Golongan I tujuan Dumai-Alai Insit Rp98.000, kendaraan Golongan II Rp170.000, dan kendaraan Golongan III Rp338.000.

Kemudian, kendaraan penumpang Golongan IV tujuan Dumai-Alai Insit Rp1.307.000, kendaraan barang Golongan IV Rp1.080.000, kendaraan penumpang Golongan V Rp2.274.000 dan kendaraan barang Golongan V Rp1.896.000.

Selanjutnya, kendaraan Barang Golongan VI tujuan Dumai-Alai Insit Rp3.142.000, Kendaraan Penumpang Golongan VI Rp3.855.000, Kendaraan Golongan VII Rp 3.964.000, serta kendaraan Golongan VIII Rp 5.926.000.

Sedangkan untuk jadwal penyeberangan tujuan Alai Insit - Dumai yaitu berangkat Senin dan Rabu pukul 18.00 Wib dari Pelabuhan Alai-Insit, sedangkan hari Selasa dan Jum'at berangkat pukul 20.00 Wib dari Pelabuhan Dumai.

Baca juga: Empat jam terkatung-katung di tengah laut Bengkalis, Anggota DPR RI meradang