18 prodi Universitas Islam Riau raih rekognisi dari Inggris

id UIR

18 prodi Universitas Islam Riau raih rekognisi dari  Inggris

Prosesi wisuda Universitas Islam Riau, Rabu dengan jumlah mahasiswa yang diwisuda sebanyak 1.961 orang. (ANTARA/HO-Humas UIR).

Pekanbaru (ANTARA) - Rektor Universitas Islam Riau (UIR) Prof DrSyafrinaldimengatakan sebanyak 18 program studi (prodi) di perguruan tinggi itu sudah mendapatkan rekognisi internasional dari "Accreditation Service for International Schools, Colleges and Universities" (ASIC), Inggris.

"ASIC merupakan lembaga akreditasi internasional yang berkedudukan di Inggris. Proses akreditasi ASIC memeriksa lembaga secara keseluruhan termasuk sistem administrasi, pengajaran dan penyampaian materi untuk memastikan bahwa standar yang diperlukan dipenuhi," kata Syafrinaldi di Pekanbaru, Rabu (2/2).

Prestasi tersebut disampaikan Syafrinaldi pada rapat senat terbuka UIR dalam rangka wisuda ahli madya, sarjana dan Magister periode I tahun 2022, Rabu (2/2) di GOR Volly Indoor UIR. Kegiatan wisuda luring pertama kalinya sejak pandemi COVID-19, berlangsung, tetap menerapkan protokol kesehatan ketat.

Dia mengatakan, dilihat dari status akreditasi UIR sudah memiliki 10 prodi berakreditasi "A" dari BAN-PT dan 21 Prodi Berakreditasi "B", 2 Prodi Berakreditasi Baik sekali, 9 Prodi berakreditasi "Baik" dan 1 Prodi "Belum Berakreditasi".

Selain itu, katanya menyebutkan, hingga kini UIR sudah memiliki 3 Fakultas yang bersertifikasi ISO 9001 : 2015 yaitu Fakultas Hukum (FH), Fakultas Agama Islam (FAI) dan Fakultas Sosial dan Politik (Fisipo). Ternyata sertifikasi ISO sangat penting dan berkontribusi dalam pemeringkatan perguruan tinggi dan akreditasi.

Syafrinaldi juga mengatakan bahwa UIR bersama 2 Universitas di Jerman (Universitaet der Bundeswehr Muenchen dan Universitat Applied Science, Dortmund) mendapatkan proyek penelitian dan pertukaran dosen dan mahasiswa untuk tahun 2022 dari Deutscher akademischer Austauschdiest (DAAD) atau German Academic Exchange Service dari Jerman senilai Rp1,5 miliar.

"Jadi UIR menjadi pihak dalam pelaksanaan proyek tersebut bersama 2 kampus di Jerman," katanya.

Rektor menambahkan bahwa Posisi UIR saat ini berada pada peringkat 120 pada Top Islamic Universities in the word pada tahun 2021. Dan hingga kini UIR memiliki 12 orang profesor, 170 dosen tetap berkualifikasi doktor dan 144 orang dosen sedang melanjutkan studi ke strata Doktor (S3) di dalam negeri dan di luar negeri.

"Disamping prestasi-prestasi tersebut tentunya masih banyak lagi pekerjaan kita yang masih tertunda dan belum berhasil baik di bidang akademik maupun non akademik karena berbagai faktor, seperti pandemi COVID-19 yang masih terjadi dan menjadi ancaman bagi kita semua. Melalui kesempatan ini mari kita terus bersemangat dan optimistis dengan terus bekerjasama dalam tim yang hebat untuk mencapai cita-cita kita di tahun 2041," katanya.

Pencapaian Visi UIR 2041 "menjadi Universitas Islam Berkelas Dunia Berbasis Iman dan Takwa, harus diikuti dengan upaya dan kerja keras sambil berdoa kepada Allah SWT. Dengan tagline “bersama kita bisa” insya Allah cita-cita atau visi UIR 2041 tersebut akan dapat diwujudkan secara bersama," harap Rektor.

Jumlah mahasiswa UIR yang diwisuda adalah 1.961 orang terdiri atas wisudawan D3 sebanyak 10 orang, wisudawan S1 sebanyak 1.834 orang dan pascasarjana sebanyak 117 orang. Pelaksanaan wisuda berlangsung selama dua hari yakni Rabu (2/2) dan Kamis (3/2) 2022.