Ratusan polisi amankan Imlek 2022

id Imlek 2022,Polres Meranti,Jaga kamtibmas

Ratusan polisi amankan Imlek 2022

Personil Polres Kepulauan Meranti saat melakukan patroli Blue Light untuk mengamankan perayaan Imlek 2022, Senin (31/1) malam. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Polres Kepulauan Meranti mengerahkan 208 personil untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) dalam perayaan Imlek 2573 tahun 2022.

Rangkaian pengamanan Imlek tersebut dimulai dengan upacara persiapan pengamanan dan kegiatan patroli Blue Light pada Senin (31/1) malam, di depan Kantor Lantas Polres Kepulauan Meranti, Jalan Merdeka, Selatpanjang.

"Sebanyak 160 dari 208 personil tersebut ditempatkan ke sejumlah kelenteng atau vihara untuk menjaga keamanan. Sementara 48 personil lainnya melaksanakan patroli," sebut Kabag Ops Polres Siak Kompol Yudi Setiawan.

Di samping itu, dia mengimbau kepada masyarakat yang merayakan Imlek agar tidak menggelar kegiatan yang menimbulkan kerumunan dan menyalakan petasan. Dan saat keluar rumah, jangan menggunakan perhiasan berlebihan yang bisa memancing kejahatan.

"Masyarakat diimbau untuk tidak melaksanakan pawai, konvoi, dan menyalakan petasan. Terlebih lagi saat keluar rumah, disarankan agar tidak menggunakan perhiasan secara berlebihan, karena bisa memancing pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya," pesan dia.

Lebih lanjut, Kabag Ops juga meminta masyarakat saat melaksanakan ibadah dalam perayaan Imlek agar tetap mematuhi prokes COVID-19.

"Gunakan masker dan hindari kerumunan. Jangan lupa cek suhu tubuh, memakai masker, dan mencuci tangan sebelum memasuki tempat ibadah," katanya.

Di kesempatan yang sama, Kapolres Kepulauan Meranti, AKBP Andi Yul LTG menyampaikan bahwa rangkaian pengamanan perayaan Imlek tahun dimulai dari tanggal 31 Januari sampai dengan 5 Februari 2022.

Dimana, ungkapnya sesuai sprint perintah tugas, di tiap tempat ibadah atau vihara seluruh kecamatan di Kepulauan Meranti ini telah disiagakan personil untuk berjaga-jaga.

"Kita berpesan agar seluruh personil dapat bertugas dengan baik dan tetap mengedepankan cara yang humanis kepada masyarakat. Mari kita semua menjaga agar Kepulauan Meranti ini tetap dan selalu kondusif," katanya.