Riau usulkan 1.883 sapi untuk 269 kelompok ternak di 12 kabupaten/kota

id DPKH Riau

Riau usulkan 1.883 sapi untuk 269 kelompok ternak di 12 kabupaten/kota

Usulan pengadaan 1.883 ekor sapi untuk 269 kelompok ternak sapi di Riau. (foto:Antara).

Usulan pengadaan ribuan sapi hibah tersebut merupakan tindak lanjut pengadaan sapi yang sempat tertunda tahun 2021 karena gagal lelang,
Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Riau mengusulkan pengadaan 1.883 ekor sapi untuk 269 kelompok ternak ke Unit Layanan Pengadaan (ULP), Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Riau.

"Usulan pengadaan ribuan sapi hibah tersebut merupakan tindak lanjut pengadaan sapi yang sempat tertunda tahun 2021 karena gagal lelang," kata Kepala DPKH Provinsi Riau, Herman, kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu.

Dia mengatakan, pengadaan hibah sapi sudah disampaikan ke ULP untuk dilelang dan persiapannya kini sudah berada di Pokja.

Herman menyebutkan, pihaknya akan mengawal pengadaan bantuan sapi tersebut supaya proses lelang bisa cepat selesai, guna menghindari gagal lelang seperti tahun sebelumnya.

"Pengadaan sapi ini terus dikawal, dan saya sudah sampaikan ke Plt Biro Pengadaan Barang dan Jasa Setdaprov Riau agar proses lelang bisa dipercepat. Kita harus percepat jangan sampai nanti keduluan kementerian, karena ditakutkan stok sapi kosong, sehingga proses lelang harus bisa cepat," ujarnya.

Lebih lanjut Herman menjelaskan, bantuan sapi Pemprov Riau tahun 2022 ada sebanyak 1.883 ekor. Sapi tersebut akan di distribusikan kepada 269 kelompok ternak di 12 kabupaten/kota se Riau.

"Jadi masing-masing kelompok ternak akan mendapat bantuan sebanyak 7 ekor sapi, dengan rincian 6 ekor sapi betina dan 1 sapi jantan. Sedangkan total anggaran yang disiapkan untuk pengadaan sapi itu sekitar Rp20 miliar lebih," katanya.