Lomba Cipta Menu B2SA Riau, Siak juara harapan I

id lomba cipta menu, pkk sia,siak

Lomba Cipta Menu B2SA Riau, Siak juara harapan I

Ketua TP PKK Riau memberikan hadiah juara harapan I kepada Siak. (ANTARA/HO-Pemkab Siak)

Pekanbaru (ANTARA) - Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kabupaten Siak meraih juara harapan I pada Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) Tingkat Provinsi Riau, Kamis.

Ketua PKK Kabupaten Siak Rasidah Alfedri menyampaikan rasa syukur atas capaian yang diperoleh. "Kita bersyukur atas perolehan juara harapan I, lebih meningkat dari tahun sebelumnya," ucapnya.

Para peserta dari sembilan kabupaten/kota menampilkan menu yang terdiri dari sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral yang disesuaikan dengan prinsip beragam, bergizi seimbang, dan aman. Rasidah berharap hal itu menjadi pembelajaran sehingga pada tahun-tahun mendatang Siak bisa tampil lebih baik lagi.

Rasidah mengatakan pihaknya selalu mensosialisasikan kepada masyarakat agar mengkonsumsi makanan non beras. Ia mengajak agar masyarakat mampu menciptakan serta mengembangkan produk lokal daerah menjadi sebuah menu yang menarik.

"Dengan sosialisasi secara berkelanjutan pelan-pelan masyarakat akan bergeser ke menu makanan lokal, sehingga tercapai kedaulatan pangan lokal," ungkapnya.

Turut hadir pada kesempatan itu Wakil Ketua TP PKK Siak Ananda Laila Putri, Ketua Dharma Wanita Persatuan Siak Syariah Raudah, Ketua Pokja 3 Zuraida, dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Siak Syahrial. Kegiatan tersebut secara resmi dibuka oleh Gubernur Riau Syamsuar di halaman gedung Dharma Wanita Provinsi Riau Jalan Diponegoro Pekanbaru.

Ketua PKK kecamatan Dayun Ermalisa Natalia yang mewakili Kabupaten Siak mengatakan, tim lnya menampilkan menu keping sagu, patin menyalo, bola-bola sagu, lasdap, dan minuman dara Siak. Ia menggunakan berbahan baku lokal yang diolah sebagai menu makan siang tidak hanya sehat dan bergizi, namun juga gampang dipraktikkan.

"Bahan bakunya pun murah dan mudah didapat. Antara lain mengolah sagu sebagai sumber karbohidrat, patin menjadi sumber protein yang lezat, nabati dari tahun serta puding buah yang segar dan lezat," ujarnya.