BKPPP Bengkalis Gelar Lomba Cipta Menu Pangan B2SA

id bkppp, bengkalis gelar, lomba cipta, menu pangan b2sa

 BKPPP Bengkalis Gelar Lomba Cipta Menu Pangan B2SA

Bengkalis, (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Pertanian (BKPPP) menggelar lomba cipta menu pangan Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) tingkat Kabupaten Bengkalis, Selasa (31/5).

Perlombaan yang bekerja sama dengan TP. PKK Kabupaten Bengkalis ini diikuti perwakilan seluruh kecamatan se kabupaten Bengkalis dan Pelaksanaannya dipusatkan di Halaman Kantor BKPPP, Jalan Antara Bengkalis.

Ketua TP PKK Kabupaten Bengkalis, Kasmarni Amril, menyebutkan, kepada para peserta yang mengikuti perlombaan tersebut untuk mampu mengkreasikan dan mengkombinasi bahan pangan lokal.

“Apalagi daerah ini memiliki potensi bahan pangan yang bisa diolah menjadi panganan berkualitas dan memenuhi standar kebutuhan gizi, selain itu, saya minta ibu-ibu juga untuk gencar mensosialisasikan pengelolahan menu pangan beragam, bergizi seimbang dan aman ini, sehingga para ibu rumah tangga di Kabupaten Bengkalis bisa berkreasi dalam mengolah bahan pangan lokal," ujar Kasmarni yang berkesempatan memanen sayuran hidroponik yang dikembangkan BKPPP.

Bupati Bengkalis, Amril Mukminin yang secara resmi membuka perlombaan tersebut menyambut baik pelaksanaan lomba cipta menu pangan B2SA ini.

“Diharapkan, melalui lomba ini, seluruh masyarakat di daerah ini, khususnya kaum ibu rumah tangga, bukan hanya meningkat wawasannya, tetapi juga semakin kreatif dan inovatif dalam mengolah bahan makanan B2SA,” katanya.

Menurut dia, konsumsi pangan berkualitas, dapat diwujudkan apabila makanan yang dikonsumsi sehari-hari mengandung zat gizi lengkap, sesuai kebutuhan tubuh dengan jumlah yang berimbang antar kelompok pangan berdasarkan cita rasa, daya cerna, serta daya terima dan daya beli masyarakat.

Ia menjelaskan, ketahanan pangan perlu secara terus menerus diwujudkan dan dimantapkan.