Jurnalis Muda Kampar kenali teknik menulis dan wawancara

id Jurnalis remaja kampar, pwi kampar, jurnalis kampar

Jurnalis Muda Kampar kenali teknik menulis dan wawancara

Salah satu jurnalis remaja Kampar saat mendapatkan doorprize dari Ketua PWI. (ANTARA/Zora Anjani)

Bangkinang Kota (ANTARA) - Pelatihan jurnalistik yang diselenggarakan atas kerjasama insan pers dan Dinas Komunikasi Informasi dan Persandian (Diskominfo) Kabupaten Kampar melaksanakan pertemuan ke-8 di kantor PWI, Sabtu (30/10).

Kali ini, materinyaadalah dasar-dasar jurnalistik 2 disampaikan oleh Ketua PWI Kampar, Akhir Yani kepada Forum Jurnalis Remaja Kampar (FJRK).

Akhir Yani menjelaskan wartawan dituntut untuk menguasai komunikasi dan harus mampu beradaptasi sehingga dapat menyerap informasi yang dibutuhkan.

Stamina yang kuat dan juga rasa ingin tahu yang tinggi mutlak dibutuhkan demi berlangsungnya kinerja wartawan yang produktif. Di samping itu, wartawan harus mengusai teknik fotografi ataupun videografi sebagai dasar kewartawanan.

Dalam kesempatan itu, peserta mengajukan pertanyaan mengenai cara melakukan wawancara yang dinilai masih membingungkan dikarenakan masih kurangnya praktik lapangan bagi para jurnalis muda ini.

Akhir menjelaskan bahwa dalam wawancara diperlukan kemampuan komunikasi yang baik, memperkenalkan diri, menjaga etika dan mengetahui waktu yang tepat untuk wawancara.

Sementara itu, Koordinator tim Netty Mindrayani didampingi sekretaris tim Fauzi Lalea, menambahkan bahwa dalam wawancara perlu memanfaatkan kesempatan dan mengetahui nomor telepon narasumber yang akan diwawancarai sehingga dapat dikonfirmasi ulang ketika masih ada yang ingin dipertanyakan.

Akhir Yani juga mengulas mengenai kemampuan menulis sebagai modal dasar bagi seorang jurnalis. Setelah memberikan materi, dia juga mengoreksi tulisan berita hasil pemberian materi dasar-dasar jurnalistik pertama pada pertemuan perdana, Sabtu (4/9) di SMA Muhammadiyah Bangkinang Kota.

Dari hasil koreksi, salah seorang peserta yang menuliskan berita tersebut mendapatkan door prize dari Ketua PWI yakni Salsabila siswa SMA Negeri 1 Bangkinang Kota.

Saat ini masih tersisa satu materi lagi yaitu pemberitaan ramah anak selanjutnya dilakukan di SMANSA Bangkinang Kota.

Setelah itu, akan dilakukan praktik lapangan bagi para jurnalis muda dengan mewawancarai Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto atau Kepala Dinas Pendidikan sebagai akhir dari pelatihan ini.