Pesawat Wings Air batal terbang dampak erupsi gunung Ile Lewotolok Lembata

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,Wings Air

Pesawat Wings Air batal terbang dampak erupsi gunung Ile Lewotolok Lembata

Pesawat Wings Air yang sedang parkir di Bandara El Tari Kupang beberapa waktu lalu. (ANTARA/HO-Humas Bandara El Tari Kupang)

Labuan Bajo (ANTARA) - Wings Air yang merupakan salah satu maskapai anggota Lion Air Group membatalkan penerbangan rute Kupang-Lewoleba-Kupang akibat erupsi dan aktivitas gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

"Material abu vulkanik (volcanic ash) dapat merusak pesawat udara sehingga membahayakan penerbangan," kata Corporate Communications Strategic of Wings Air Danang Mandala Prihantoro dalam keterangannya di Labuan Bajo, Rabu.

Baca juga: Wings Air masih tunda penerbangan ke Aceh. Ini alasannya

Pembatalan penerbangan Wings Air tersebut didasarkan pada pengumuman resmi dari otoritas Bandar Udara Wonopito Lewoleba yang menutup sementara operasional bandar udara dampak erupsi tersebut.

Sehubungan dengan kondisi tersebut, kata Danang, layanan penerbangan Wings Air yang mengalami pembatalan (cancel flight) terdiri dari penerbangan nomor IW-1994 rute Kupang-Lewoleba dan penerbangan nomor IW-1995 rute Lewoleba-Kupang.

Wings Air pun memberikan solusi kepada seluruh pelanggan yang terkena dampak untuk melakukan penjadwalan ulang keberangkatan di hari berikutnya (reschedule) dan melakukan pengembalian dana (refund) sesuai aturan yang berlaku.

Selanjutnya, Wings Air bekerja sama dan berkoordinasi dengan otoritas penerbangan, pengelola bandar udara, dan pengatur lalu lintas udara setempat.

Baca juga: Merugi, Wings Air kembali batalkan penerbangan ke Meulaboh

Operasional penerbangan Wings Air akan melayani atau terbang kembali menurut keputusan otoritas bandar udara dan bandar udara tujuan yang menyatakan pesawat aman untuk lepas landas serta mendarat (safe for flight).

Danang menyebut, Wings Air selalu memprioritaskan aspek keselamatan dan keamanan sehingga dampak yang kemungkinan timbul dari kondisi tersebut dapat diminimalisasi dan diantisipasi sedini mungkin.

Baca juga: Harga avtur mahal, Wings Air akan hentikan penerbangan Manado-Naha

Adapun kondisi terganggunya operasional akibat gunung meletus termasuk dalam force majeure yaitu keadaan yang terjadi di luar kemampuan sumber daya manusia dan perusahaan.

"Wings Air telah memberikan informasi kepada seluruh penumpang yang terganggu perjalanannya dan memperbarui sesuai perkembangan," katanya.

Baca juga: Wings Air Buka Penerbangan Inhu-Batam, Ini Jadwal dan Kapasitasnya