Indonesia terima donasi 1,2 juta vaksin COVID-19 AstraZeneca dari Prancis

id Berita hari ini, berita riau antara,berita riau terbaru,vaksin

Indonesia terima donasi 1,2 juta vaksin COVID-19 AstraZeneca dari Prancis

Kedatangan kiriman pertama 358.700 dosis vaksin COVID-19 dari Prancis di Bandara Soekarno-Hatta, Banten, pada Jumat (10/9/2021). (ANTARA/HO-Kominfo RI/pri)

Jakarta (ANTARA) - Sumbangan vaksin tahap ke-3 dari Prancis kepada Indonesia tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis, kata Kedutaan Besar Prancis di Jakarta.

Sumbangan sebanyak 1.236.480 dosis vaksin AstraZeneca itu merupakan bagian dari hibah 3 juta dosis vaksin untuk Indonesia yang diumumkan oleh Presiden Prancis Emmanuel Macron pada Agustus.

Baca juga: 684.900 dosis lagi vaksin COVID-19 AstraZeneca tiba di Indonesia

Bantuan vaksin itu diberikan melalui mekanisme skema vaksin global COVAX.

Sebelumnya, pengiriman pertama bantuan sebanyak 358.700 dosis vaksin tiba pada 10 September dan pengiriman kedua sebanyak 968.000 dosis vaksin tiba pada 16 September.

Total pengiriman vaksin AstraZeneca dari Prancis yang sudah diterima Indonesia setelah pengiriman vaksin tahap ke-3 tersebut mencapai 2,5 juta dosis.

Baca juga: Indonesia kembali menerima 207.000 dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca

Sumbangan vaksin itu merupakan wujud solidaritas dan dukungan Prancis kepada Indonesia dalam program vaksinasi nasional untuk melawan pandemi COVID-19, kata Kedubes Prancis dalam keterangan tertulis.

Sumbangan dosis vaksin sangat penting dan telah terbukti menjadi satu-satunya respons jangka pendek yang efektif untuk mendukung pengiriman vaksin ke seluruh dunia.

Baca juga: Rusia setujui uji coba vaksin COVID-19 campuran AstraZeneca-Sputnik V

Presiden Macron sebelumnya menekankan pentingnya solidaritas internasional negara-negara maju untuk berbagi dosis vaksin dengan 92 negara yang menjadi bagian dari COVAX AMC.

Sumbangan Prancis untuk program COVAX merupakan bagian dari upaya global Tim Eropa yang mendukung mekanisme tersebut untuk memastikan solidaritas vaksin yang nyata.

Baca juga: Studi: dua dosis vaksin Pfizer, AstraZeneca dinilai efektif lawan varian Delta

Sedikitnya 100 juta dosis vaksin COVID-19 dari Eropa akan dibagikan sepanjang 2021.

Prancis terus mendampingi Indonesia dalam upaya memerangi wabah COVID-19, demikian pernyataan Kedubes Prancis.