Film "Belfast" berhasil raih penghargaan People's Choice di TIFF

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,film

Film "Belfast" berhasil raih penghargaan People's Choice di TIFF

Film semi-otobiografi "Belfast” karya sutradara Kenneth Branagh (ANTARA/HO-Focus Features)

Jakarta (ANTARA) - Film semi-otobiografi "Belfast" karya sutradara Kenneth Branagh memenangkan People's Choice Award di Festival Film Internasional Toronto (TIFF) pada Sabtu (18/9) waktu setempat.

Kategori People's Choice Award merupakan penghargaan tertinggi yang dipilih oleh pengunjung festival dan secara luas dipandang sebagai peluang terbaik untuk memenangkan penghargaan Oscar.

Baca juga: Lauren Ridloff buktikan tuna rungu bisa berkarya lewat film "Eternals"

Sembilan pemenang sebelumnya mendapatkan nominasi Oscar untuk film terbaik, termasuk pemenang film terbaik "12 Years a Slave" (2013) karya Steve McQueen, "Green Book" (2018) karya Peter Farrelly, dan "Nomadland" (2020) karya Chloé Zhoe.

"Belfast” merupakan sebuah drama keluarga hitam-putih di kota Irlandia Utara yang mengambil latar waktu selama peristiwa kekacauan akhir 1960-an.

Film ini pertama kali ditayangkan di Telluride Film Festival, diadaptasi berdasarkan masa kecil sutradara Branagh sendiri di Belfast. Film yang dibintangi oleh Jamie Dornan, Judi Dench, dan Ciaran Hinds ini akan dirilis pada 12 November oleh Focus Features.

Baca juga: Lukman Sardi dan Ruth Marini juga bermain di film "Penyalin Cahaya"

Penghargaan People's Choice menutup Festival Film Internasional Toronto yang tahun ini digelar secara hibrida, yakni kombinasi luring dan daring, akibat situasi pandemi. Hingga Sabtu, hanya satu kasus positif COVID-19 dari seorang pengunjung festival yang dilaporkan oleh TIFF. Sementara festival besar film lainnya, seperti di Venesia, Telluride, dan New York, diselenggarakan secara tatap muka sepenuhnya.

Pada tahun ini, sekitar 100 film panjang masuk dalam daftar pemutaran di TIFF, jumlah tersebut turun dari tahun sebelum pandemi. Meski begitu, film-film di TIFF termasuk yang paling dinanti oleh penonton, seperti “Dune” karya Denis Villeneuve, “The Power of the Dog” karya Jane Campion, dan “Spencer” karya Pablo Larraín.

Baca juga: Serial WeTV Original "Sianida" masuki episode keempat

Dalam presentasi yang disiarkan di Kanada dan streaming online secara global, penghargaan lainnya termasuk Platform Prize diraih oleh film "Yuni" karya sutradara Indonesia Kamila Andini

Sementara penghargaan People's Choice untuk film dokumenter diberikan kepada E. Chai Vasarhelyi dan Jimmy Chin untuk film "The Rescue", berkisah tentang misi penyelamatan tim sepak bola muda yang terperangkap di gua Tham Luang, Thailand, demikian laporan Associated Press pada Senin.

Baca juga: Film animasi "Frozen" diboyong ke panggung London West End