Hyundai dikabarkan sebarkan robot Spot untuk awasi keselamatan kerja pabrik

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, robot spot

Hyundai dikabarkan sebarkan robot Spot untuk awasi keselamatan kerja pabrik

Robot Spot hasil kerjasama Hyundai dan Boston Dynamic (ANTARA/Hyundai)

Jakarta (ANTARA) - Hyundai dikabarkan telah menyebarkan robot Spot di pabrik mereka untuk mengawasi keselamatan kerja karyawan di lokasi perakitan.

Sebagai percontohan, robot layanan keselamatan pabrik yang didasarkan pada robot berkaki empat Boston Dynamic, Spot, mulai dioperasikan di pabrik anak perusahaannya Kia Corp di Gwangmyeong, barat daya Seoul.

Baca juga: DPR apresiasi langkah pemerintah atas perpanjangan diskon PPnBM otomotif

Dikutip dari Yonhap Senin, ini adalah proyek pertama yang diluncurkan antara kedua perusahaan setelah grup otomotif pada Juni menyelesaikan akuisisi US$880 juta dari konglomerat Jepang Softbank.

Dalam kinerjanya, Hyundai Motor mengatakan robot tersebut mampu secara otomatis menavigasi pabrik dengan bantuan unit pemrosesan kecerdasan buatan, teknologi teleoperasi, dan sensor lainnya.

Baca juga: Mobil listrik Nio ET7 akan diluncurkan di Eropa pada 2022

Dalam klip video Youtube, anjing robotik itu dapat naik turun tangga untuk menavigasi pabrik Kia yang kosong setelah gelap dan memeriksa apakah peralatan panas atau pintu terbuka.

Hyundai Motor mengatakan akan mengumpulkan data dari proyek percontohan untuk mengoptimalkan kinerja robot dan menerapkannya di berbagai lokasi industri.

Grup otomotif itu telah bekerja dengan perusahaan robotika yang berbasis di Boston untuk mengembangkan robot industri, dan mendukung solusi smart factory dan smart mobility.

Baca juga: Kemenkeu nyatakan insentif PPnBM mampu berikan efek berganda bagi ekonomi RI
Pewarta :
Editor: Vienty Kumala
COPYRIGHT © ANTARA 2021