Wako dan warga Pekanbaru gembira Pekanbaru turun level III PPKM

id Warga gembira,Ppkm pekanbaru

Wako dan warga Pekanbaru gembira Pekanbaru turun level III PPKM

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus. (ANTARA/HO-pemko)

Pekanbaru (ANTARA) - Seluruh warga dan Wali Kota Pekanbaru Firdaus MT menyambut gembira penurunan status ke Level III, Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 4 oleh pemerintah pusat usai empat kali perpanjangan.

"Syukur kita sudah membaik, semoga semakin membaik agar aktifitas bisa kembali normal," kata warga Pekanbaru,Prik (45), Selasa.

Prik mengaku pembatasan yang terjadi akibat COVID-19 membuat kegiatan masyarakat terganggu, namun ia menyadari ini adalah ikhtiar bersama untuk memulihkan masyarakat dari tukaran COVID-19.

"Semoga ke depan Pekanbaru semakin membaik dan COVID-19 hilang dari bumi Lancang Kuning," katanya mengaminkan.

Tidak hanya warga, Wali Kota Pekanbaru, Firdaus juga turut bersukacita trenkasus COVID-19 di Kota Bertuah berangsur-angsur turun.

Kepastian ini didapat dari edaran dan hasil rapat evaluasi pelaksanaan perpanjangan PPKM Level 4 bersama Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia.

"Jadi dari list disampaikan Pak Menko kemarin, Kota Pekanbaru tidak berada di zona merah atau PPKM level 4 lagi," kata Wali Kota Firdaus.

Firdaus bersyukur karena PPKM di Kota Pekanbaru turun ke level 3. Ia menilai, ini hasil kerjasama masyarakat bersama Tim Satgas dalam upaya menekan penyebaran COVID-19.

Penurunan status ini, jelasnya tidak membuat Satgas Penanganan COVID-19 diam saja. Tim nantinya bakal lebih optimal agar status penyebaran COVID-19 di kota ini bisa turun ke level yang lebih rendah.

Ia menjelaskan, Pemko Pekanbaru bersama Satgas berupaya untuk turun ke Level 2. Namun sejumlah sejumlah indikator harus dibenahi. Seperti meningkatkan penelusuran kontak erat pasien COVID-19.

Mereka berupaya menurunkan kasus penyebaran, angka terkonfirmasi hingga keterisian ruang isolasi di isoter dan rumah sakit.

Firdaus mengajak masyarakat agar tidak lengah dengan Kota Pekanbaru yang bakal masuk level 3. Tetap menerapkan 5 M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mencegah mobilitas interaksi.

"Dengan menurunnya kasus COVID-19 membuat aktivitas perekonomian bisa berjalan seiring pemulihan ekonomi. Setelah berakhirnya perpanjangan PPKM level 4, kita akan masuk ke level 3. Lalu kita berjuang agar masuk level 2," katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Satgas COVID-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi, mengatakan di bumi tidak ada lagi zona merah. Ia menyebutkan, saat ini hanya ada zona oranye dan kuning tersebar di 12 kabupaten/kota.

"Hari ini terakhir dari PPKM Level 4 yang putuskan pemerintah dua minggu lalu," kata Yovi.

Secara umum daerah dengan zona merah tidak ada di Riau, hanya zona oranye ke bawah saja.

"Tetapi secara umum, kalau kita melihat variabel-variabel terkait level dari PPKM di seluruh Provinsi. Tidak ada lagi kota/kabupaten yang berada di zona merah, yang ada cuman zona oranye ke bawah, termasuk Kota Pekanbaru," tukasnya.ujarnya.