Jembatan Penghubung Ke Perawang Putus Tanpa Perbaikan

id jembatan penghubung, ke perawang, putus tanpa perbaikan

Pekanbaru, (antarariau.com) - Warga Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Kecamatan Rumbai Pesisir, Kota Pekanbaru, Riau, mendesak aparat setempat membangun jembatan penghubung ke Perawang, Kabupaten Siak karena kondisinya sudah putus diterjang air bah sembilan bulan lalu dan tidak lagi bisa dilewati kendaraan bermotor.

"Kami sudah beberapa kali menyampaikan aspirasi agar jembatan penghubung menuju Perawang diperbaiki untuk mendukung mobilitas warga," kata Yusuf Kurniadi (41) warga Kelurahan Tebing Tinggi Okura ditemui di Pekanbaru, Sabtu.

Dia mengatakan warga lainnya sudah melaporkan kerusakan jembatan itu kepada aparat kantor Kecamatan Rumbai Pesisir dan Dinas Pekerjaan Umum Pemkot Pekanbaru, tapi belum juga ada tanggapan serius.

Pernyataan tersebut terkait jembatan penghubung yang terbuat dari kayu dan pondasi beton diatas anak Sungai Siak di Kelurahan Tebing Tinggi Okura hancur diterjang air bah sejak sembilan bulan lalu.

Namun jembatan yang dibangun ketika Wali Kota Pekanbaru dijabat oleh H. Herman Abdullah itu tidak dapat dilewati lagi bagi pengendara sepeda motor hendak ke Perawang, Kabupaten Siak atau sebaliknya.

Bahkan pengendara sepeda motor yang hendak ke Perawang harus menempuh perjalanan jauh melintasi areal perkebunan kepala sawit, masih tanah merah, karena selama ini harus melewati jembatan tersebut.

Demikian pula ketika musim hujan pengendara sepeda motor yang hendak bekerja ke Siak mengalami kesulitan karena jalan tersebut belum beraspal.

Pendapat serupa juga diutarakan, Jumadi (47), Kenek Hasan (39) dan Ujang Muin (34) penduduk Kelurahan Lembah Damai, Kecamatan Rumbai Pesisir yang setiap hari melintasi areal itu karena bekerja di pabrik bubur kertas di Perawang mengunakan sepeda motor.

Sejak jembatan itu hancur, katanya, perjalanan lebih lama bila hendak kerja ke Perawang termasuk bila hari hujan karena jalan yang dilalui becek.

Ujang mengatakan pihaknya pernah menyampaikan keluhan tentang kerusakan jembatan itu ke anggota DPRD dari daerah pemilihan Rumbai tapi tidak ada jawabab pasti menyangkut perbaikan.

Dia menyesalkan bahwa masalah perbaikan jembatan itu saat ini dijadikan ajang kampanye bagi calon Gubernur Riau periode 2012-2018, bila terpilih akan memperbaiki.

Sementara itu, Wali Kota Pekanbaru, H. Firdaus MT mengatakan pihaknya menerjunkan tim untuk mendata tentang kerusakan jembatan di Tebing Tinggi Okura.

Menurut dia, tim itu nantinya terdiri dari aparat terkait dan menghitung besaran anggaran yang harus dikeluarkan untuk perbaikan dan harus mendapatkan persetujuan dari DPRD setempat.