SKK Migas - PT CPI hibahkan jembatan Takuana penghubung Tahura Minas

id Tahura,gubernur riau,skk migas sumbagut,chevron,CPI,berita riau antara,berita riau terbaru

SKK Migas - PT CPI hibahkan jembatan Takuana penghubung Tahura Minas

SKK Migas – PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) hibahkan satu unit jembatan Takuana  ke Pemerintah Provinsi Riau setelah selesai pembangunan dan langsung diterima oleh Gubernur Syamsuar, Siak Kamis (27/8). (Humas)

Pekanbaru (ANTARA) - SKK Migas – PT. Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) menghibahkan satu unit jembatan Takuana ke Pemerintah Provinsi Riau setelah selesai pembangunan dan langsung diterima oleh Gubernur Syamsuar.

Jembatan itu memiliki panjang 14 meter dan lebar 4 meter dengan keberadaannya makapatroli pemantauan Taman Hutan Raya Sultan Syarif Hasyim (Tahura SSH) akan berjalan lebih efektif.

Dua hutan di kawasan konservasi tersebut kini terhubung oleh sebuah jembatan baru. Namanya Jembatan Takuana, yang diresmikan oleh Gubernur Riau H. Syamsuar, M.Si pada Kamis, 27 Agustus 2020.

Jembatan tersebut akan memudahkan operasional petugas Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) dalam pencegahan kebakaran hutan, penangkalan perambahan liar, dan penjagaan kelestarian satwa-satwa dilindungi.

''Keberadaan jembatan dan portal ini akan sangat bermanfaat untuk mendukung penjagaan kelestarian lingkungan di Tahura SSH. Perlindungan terhadap manusia dan lingkungan merupakan salah satu nilai utama Perusahaan kami," kata GM Corporate Affairs Asset PT CPI Sukamto Tamrin di Pekanbaru, Kamis.

Baca juga: "Paspor" Hopper dan sejarah migas di Riau - Teknologi PT CPI mampu perpanjang usia lapangan

Tahura SSH berada di bawah pengawasan Kesatuan Pengelolaan Hutan Produksi (KPHP) Model Tahura Minas, Kabupaten Minas.

Selain jembatan, PT CPI juga membangun tiga portal untuk mendukung pengamanan wilayah konservasi tersebut. Kedua bantuan tersebut senilai Rp1,9 miliar.

Tahura SSH dikenal memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang cukup tinggi. Di ujung kawasan ini terdapat Pusat Pelatihan Gajah.

Ia mengatakan, bahwa sektor hulu migas bersama PT CPI senang mendapatkan kesempatan untuk berpartisipasi dalam mengantisipasi kebakaran hutan dan telah menyiapkan sarana untuk kemudahan transportasi dalam peningkatan keamanan di Tahura SSH.

"SKK Migas dan para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) di Wilayah Provinsi Riau sangat berterima kasih atas bimbingan dan kemudahan dalam pengurusan dan perolehan Rekomendasi Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) dari Gubernur Riau dan kami komit untuk memenuhi kewajiban IPPKH," kata Haryanto.

Bidang lingkungan merupakan salah satu fokus utama program pengembangan masyarakat atau investasi sosial PT CPI. Beberapa program di bidang lingkungan yang dilaksanakan pada tahun ini di antaranya konservasi mangrove di Riau (Dumai dan Bengkalis) dan Teluk Jakarta bekerja sama dengan the Nature Conservancy (TNC), konservasi gajah di Riau, restorasi gambut dan program Bank Sampah di Kabupaten Bengkalis, Siak, dan Kota Pekanbaru bekerja sama dengan LPPM Universitas Lancang Kuning (LPPM Unilak).

Sementara itu Gubernur Riau Syamsuar berharap Tahura dapat menjadi tempat penelitian wisata maupun edukasi bagi masyarakat.

"Pengelola Tahura tentu sangat terbantu dengan adanya jembatan ini karena dapat mendukung pengawasan dan pengamanan areal hutan yang masih kita jaga ini," kata Syamsuar.

Pada acara serah terima jembatan dan portal, tampak juga hadir Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Riau Mamun Murod, Kepala Dinas ESDM Provinsi Riau Indra Agus Lukman, dan Kepala Balai Besar KSDA Riau Suharyono, dan Pjs Kepala SKK Migas Perwakilan Sumbagut Haryanto Syafri.

Baca juga: SKK Migas - PT CPI salurkan bantuan pada tiga program lanjutan COVID-19

Baca juga: Camat Mandau minta nasib korban PHK WKS diperhatikan

Baca juga: Ini tanggapan PT CPI terhadap PHK ratusan pegawai PT WKS