Wapres Ma'ruf Amin ingatkan kerja kolaboratif jadi kunci capai target penurunan "stunting"

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Wapres

Wapres Ma'ruf Amin ingatkan kerja kolaboratif jadi kunci capai target penurunan "stunting"

Tangkapan layar gambar pelaksanaan Rapat Koordinasi Nasional Percepatan Pencegahan Stunting Tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Senin (23/8/2021) (Asdep KIP Setwapres)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengingatkan jajaran kementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L) terkait bersama pemerintah daerah untuk mengutamakan kerja kolaboratif dalam mencapai target penurunan angka stunting di Indonesia.

"Kerja kolaboratif adalah kunci karena intervensi percepatan penurunan stunting merupakan bagian program kegiatan pada K/L sesuai dengan tupoksinya masing-masing," kata Wapres saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Percepatan Pencegahan Stunting Tahun 2021 yang diselenggarakan secara virtual, Senin.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin dorong rumah sakit untuk kembangkan inovasi "telemedicine"

Program kerja dan kegiatan terkait percepatan penurunan stunting selama ini dijalankan K/L dan pemda dengan menggunakan alokasi dana melalui anggaran K/L serta dana transfer ke daerah, seperti Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH).

Sehingga, Wapres mengimbau K/L dan pemda memastikan seluruh program kerja dan kegiatan penurunan stunting tersebut mencapai sasaran kepada masyarakat.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin minta MPR tak terdisrupsi konflik kepentingan, politik praktis

"Yang menjadi tantangan adalah bagaimana memastikan seluruh program yang alokasi anggarannya berasal dari berbagai K/L, pemda maupun dari sumber lainnya dapat secara konvergen sampai di wilayah dan diterima oleh rumah tangga sasaran," jelasnya.

Wapres juga mengingatkan K/L dan pemda untuk berkoordinasi agar program kerja penurunan stunting dapat berjalan dan tercapai target penurunan di tingkat provinsi, kabupaten, kota hingga desa.

Baca juga: Ma'ruf Amin sebut Indonesia harus hijrah dari ketergantungan produk impor

"Intervensi yang sifatnya multisektor dan multi-government level tidak mungkin terlaksana dengan baik tanpa kerja kolaboratif," tegasnya.

Wapres mengapresiasi bupati dan wali kota yang telah menyatakan komitmen untuk melakukan percepatan penurunan stunting di daerah masing-masing.

"Dengan komitmen yang kuat dari kepala daerah menjadikan penurunan stunting sebagai prioritas, sehingga semua sumber daya yang diperlukan dapat dimobilisasi untuk penurunan stunting," ujarnya.

Baca juga: Wapres Ma'ruf Amin sebut "smart city" selesaikan tantangan perkotaan