Gempa bumi bermagnitudo 8,2 di Alaska, kondisi WNI baik

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara,gempa bumi

Gempa bumi bermagnitudo 8,2 di Alaska, kondisi WNI baik

Tangkapan layar - Peta kejadian gempa bumi dengan magnitudo 8,1 yang terjadi di wilayah Alaska, Amerika Serikat, Kamis (29/7/2021). (ANTARA/HO-BMKG/am.)

Jakarta (ANTARA) - Direktur Perlindungan Warga Negara Indonesia dan Badan Hukum Indonesia (PWNI-BHI) Kemenlu RI Judha Nugraha mengatakan kondisi WNI Kota Anchorage, Alaska, pascagempa baik dan aman.

"Jumlah WNI di Alaska tercatat sebanyak 61 orang. Sejauh pantauan KJRI San Francisco, mereka dalam kondisi baik," ujar Judha Nugraha dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Gempa bumi magnitudo 6,3 di Tojo Una-Una tidak terkait aktivitas Gunung Colo

Alaska pada Rabu (28/7) diguncang gempa bumi bermagnitudo 8,2.

Gempa terjadi pukul 22.15 waktu Alaska, di pesisir Kota Perryville yang berjarak sekitar 800 km dari Anchorage, kota terbesar di Alaska.

Ia mengatakan mayoritas WNI di Alaska tinggal di Anchorage dan menyampaikan bahwa mereka tidak merasakan peristiwa gempa tersebut.

Baca juga: Gempa bumi magnitudo 5,6 Nias Utara terasa hingga Kota Gunungsitoli

"Terdapat masyarakat Indonesia yg berada di pesisir Kota Seward yang sempat diminta untuk evakuasi ke daratan yang lebih tinggi karena “tsunami warning” namun dibatalkan," kata dia.

KJRI San Francisco, lanjut dia, akan terus memonitor perkembangan dan menghubungi aparat setempat serta simpul-simpul masyarakat Indonesia di kota-kota lain di Alaska untuk mengetahui kondisi WNI.

Baca juga: Gempa bumi bermagnitudo 6,2 di Sulut tak berpotensi tsunami